Liga 1

Hasil Liga 1: Kalahkan Persis, Persija Selamat dari Degradasi Sekaligus Bantu Persib ke Championship Series

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 17 April 2024
Hasil Liga 1: Kalahkan Persis, Persija Selamat dari Degradasi Sekaligus Bantu Persib ke Championship Series
Selebrasi Marko Simic usai membobol gawang Persis Solo. (Media Persija)

BolaSkor.com - Persija Jakarta berhasil mengamankan tiga poin setelah mengalahkan Persis Solo pada laga pekan 31 Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (17/4) malam WIB.

Persija yang hanya mempunyai 15 pemain tetap berusaha menunjukkan penampilan terbaik di hadapan puluhan ribu suporternya.

Kombinasi Ryo Matsumura, Gustavo Almeida, dan Marko Simic di lini depan beberapa kali berhasil mengancam pertahanan Laskar Sambernyawa.

Persis bahkan harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 18 setelah Gavin Kwan Adsit menerima kartu merah. Gavin melakukan pelanggaran keras terhadap Akbar Arjunsyah karena mengangkat kakinya terlalu tinggi.

Kondisi ini dimanfaatkan Persija untuk mengurung pertahanan Persis. Namun, babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Di 45 menit kedua, Persija tak mengendurkan serangan. Berkali-kali serangan dilancarkan ke kubu Persis.

Baca Juga:

PSM Makassar dan Persija Jakarta Wakil Indonesia di ASEAN Club Championship

Persija Jakarta Tanpa 5 Pemain di Lanjutan Liga 1

Tetapi petaka justru datang untuk Macan Kemayoran di menit 72. Tim asuhan Thomas Doll juga harus kehilangan satu pemain setelah Syahrian Abimanyu diganjar kartu kuning kedua.

Saat jumlah pemain kedua tim kembali seimbang, yakni 10 lawan 10, Persija mendapat momentum. Berawal dari umpan Ondrej Kudela di sisi kiri pertahanan Persis, bola yang mengarah ke kotak penalti berhasil diteruskan oleh tandukan Marko Simic sehingga Persija memecah kebuntuan.

Skor 1-0 untuk Persija bertahan sampai laga usai. Dengan hasil ini, Persija memastikan selamat dari degradasi.

Macan Kemayoran yang duduk di peringkat 10 mengumpulkan 41 poin. Jumlah poin tersebut tidak akan bisa dilewati oleh Arema FC (31 poin) yang berada di peringkat 16 (zona degradasi) karena musim ini hanya menyisakan tiga laga. Artinya poin maksimal Singo Edan hanya 40 poin.

Di sisi lain, kemenangan Persija ini membantu Persib Bandung (56 poin) memastikan satu tiket ke championship series. Sebab, poin maksimal Persis (44) dengan tiga laga tersisa adalah 53.

Seandainya tadi Persis menang, poin maksimal mereka bisa menyamai Persib. Jika menghitung head to head, Persis unggul dari Persib karena meraih satu kemenangan dan sekali imbang dalam pertemuan musim ini.

Poin Persib sebetulnya bisa sama dengan PSIS Semarang dan Dewa United FC yang saat ini sama-sama mengumpulkan 47 poin (poin maksimalnya 56). Namun, Persib unggul head to head dari kedua tim tersebut.

Hasil pertandingan lainnya:

Borneo FC Samarinda 0-4 Madura United

RANS Nusantara 1-1 Barito Putera

Persija jakarta Persib Bandung Persis Solo Borneo FC Madura united Barito Putera Rans Nusantara Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.473

Bagikan