Piala Asia 2023

Hasil 16 Besar Piala Asia 2023: Iran Rebut Tiket Terakhir ke Perempat Final

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 01 Februari 2024
Hasil 16 Besar Piala Asia 2023: Iran Rebut Tiket Terakhir ke Perempat Final
Aksi Mehdi Taremi di pertandingan Iran kontra Suriah. (Instagram)

BolaSkor.com - Timnas Iran merebut tiket terakhir babak perempat final Piala Asia 2023. Ini setelah Iran menang adu penalti 5-3 (1-1) atas Suriah di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Kamis (1/2) dinihari WIB.

Sejak pertandingan dimulai, Iran langsung tampil menggebrak. Tim asuhan Amir Ghalenoei memang lebih diunggulkan ketimbang Suriah.

Iran membuka keunggulan di pertengahan babak pertama, tepatnya menit 34, melalui titik putih. Mehdi Taremi yang menjadi eksekutor tendangan 12 pas berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Di babak kedua, Suriah berusaha untuk menyamakan kedudukan. Sementara itu, Iran juga tidak mengendurkan serangan demi mendapatkan tambahan gol.

Namun, Suriah justru berhasil menyamakan kedudukan lewat Omar Khribin pada menit 64. Gol Suriah ini pun berasal dari titik putih alias penalti.

Baca Juga:

Hasil Babak 16 Besar Piala Asia 2023: Jepang Susul Korsel ke Perempat Final

Hasil 16 Besar Piala Asia 2023: Tuan Rumah Qatar Terus Melaju, Thailand Tersingkir

Petaka datang menimpa Iran di menit 90+1. Penyerang andalan mereka sekaligus pencetak gol di laga ini, Mehdi Taremi, mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Alaa Al Dali.

Pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan alias extra time 2x15 menit karena skor 1-1 tidak berubah sampai babak kedua berakhir. Di babak tambahan ini, kedua tim sama-sama tidak berhasil mencetak gol, sehingga pemenang harus ditentukan lewat tos-tosan atau adu penalti.

Di babak adu penalti ini, Iran jauh lebih siap. Lima penendang penalti dari Iran berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Kelima pemain tersebut di antaranya Karim Ansarifard, Ramin Rezaeian, Omid Ebrahimi, Mahdi Torabi dan Ehsan Hajsafi.

Sementara itu, dari kubu Suriah, hanya tiga pemain yang sukses mengeksekusi penalti, yakni Pablo Sabbag, Aiham Ousou, dan Alaa Al Dali. Satu penendang lainnya dari Suriah, Fahad Youssef, gagal. Iran pun menang dalam adu penalti ini dengan skor 5-3 sekaligus merebut tiket terakhir ke babak perempat final Piala Asia 2023.

Timnas iran Suriah Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.044

Bagikan