Hadir di PON Papua 2020, Esports Semakin Dihargai

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 24 Agustus 2021
Hadir di PON Papua 2020, Esports Semakin Dihargai

BolaSkor.com - Keputusan mengikutsertakan esports dalam PON Papua 2020 menjadi bukti nyata apresiasi pemerintah. Akhirnya pemerintah semakin mengakui esports sebagai salah satu cabang olahraga resmi Indonesia.

Kehadiran esports dalam ajang olahraga multi event sebenarnya sudah terjadi 2018 lalu. Ketika itu Indonesia menghadirkan esports sebagai olahraga eksibisi di event Asian Games 2018.

Namun, hal tersebut dirasa belum cukup. Berselang tiga tahun kemudian, pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk menghadirkan Esport sebagai ajang eksibisi di event PON Papua 2020.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku hal tersebut menjadi jawaban pemerintah dalam menyikapi kehadiran esports di Tanah Air. Pemerintah menilai esports sudah bukan lagi sebagai permainan semata, tetapi berubah menjadi cabang olahraga.

Baca Juga:

PBESI Hadirkan Game Lokal di PON Papua 2020

Berkat Paralimpiade, Kepercayaan Diri Atlet asal Uganda Bertambah

“Kemenpora mendukung penuh perkembangan Esport sebagai produk olahraga. Ini juga menjadi sejarah baru kehadiran esports dalam ajang PON,” ucap Sri Wahyuni selaku Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora lewat konferensi pers, Selasa (24/8).

Menurut Sri, masuknya esports ke dalam cabang olahraga tidak terlepas dari banyaknya masyarakat Indonesia yang gemar bermain game. Tercatat sekitar kurang lebih terdapat 3 juta gamer di seluruh Indonesia.

Terlebih dengan keadaan pandemi saat ini di mana banyak orang yang memutuskan menghabiskan waktunya untuk game. Hal ini tentu dapat memicu peluang munculnya atlet-atlet profesional dalam dunia Esport.

Ke depannya bisa saja atlet-atlet ini kelak dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

“Apalagi di saat pandemi seperti sekarang. Kemenpora semakin mendukung penuh Esport Indonesia,” tutupnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Esports PON PON 2020
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan