Liga 1 2023/2024

Gol Gaib Persebaya, Bek Persis Solo Langsung Minta PSSI Gunakan Wasit Asing Lagi

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 13 Desember 2023
Gol Gaib Persebaya, Bek Persis Solo Langsung Minta PSSI Gunakan Wasit Asing Lagi
Sundulan Paulo Henrique dalam laga Persebaya Surabaya Vs Persis Solo. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Bek Persis Solo, Rian Miziar, langsung meminta PSSI untuk menggunakan wasit asing lagi di Liga 1 2023/2024. Laskar Sambernyawa kecewa berat dengan pengesahan gol "gaib" Persebaya Surabaya.

Persis Solo dibuat geram dengan keputusan wasit Heru Cahyono pada laga tunda pekan ke-18 di Gelora Bung Tomo, Rabu (13/12/23).

Heru Cahyono menyatakan bola tandukan Paulo Henrique sebagai sebuah gol. Padahal, dalam tayangan ulang di Indosiar sangat jelas bahwa bola tidak melewati garis gawang.

Jangankan melewati garis, bola yang ditepis Muhammad Riyandi jatuh di depan garis gawang. Rian Miziar sangat menyesalkan keputusan Heru Cahyono yang mengambil keputusan tanpa berdiskusi dengan hakim garis.

"Saya memohon lagi kepada PSSI untuk mempertimbangkan memakai wasit asing lagi, karena itu bagus untuk bahan belajar bagi wasit lokal, tanpa mengurangi rasa hormat kepada para wasit lokal," kata Rian Miziar.

Baca Juga:

Stadion Sultan Agung Jadi Rebutan Klub Liga 1, PSS Sleman Lirik Manahan

Bisa Tembus 4 Besar, Persik Kediri Berupaya Penuhi Target Ideal

Rian Miziar melihat jalannya pertandingan Persib Bandung melawan Persik Kediri yang dipimpin wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura, berjalan bagus.

Selain Futoshi Nakamura, PSSI juga menugaskan Yusuke Araki memimpin laga Persita Tangerang melawan Persikabo 1973. Dua wasit itu diberi kesempatan sebagai bahan evaluasi wasit lokal.

"Saya coba lihat pertandingan Persib melawan Persik yang menggunakan wasit asing, impact-nya sangat positif. Saran untuk PSSI agar terus memakai wasit asing. Itu bisa jadi bahan evaluasi wasit lokal untuk memutuskan keputusan terbaik," jelas Rian Miziar.

"Ini bukan masalah menguntungkan Persebaya atau Persis, siapa pun yang bermain, ketika pemimpin itu adil, semua pihak bisa menerima. Hal yang benar ya benar, yang salah ya salah," imbuh Rian Miziar.

Rian Miziar mengkritisi cara Heru Cahyono memutuskan gol untuk Persebaya. Ia menyebut Heru Cahyono tak berkomunikasi dengan baik.

"Jadi untuk menentukan keputusan tadi, semestinya bisa berbincang dulu. Saya melihat hakim garis tidak menunjukkan gol, tapi wasit tengah menunjukkan gol. Saya pikir ada komunikasi yang berjalan kurang baik," ucap Rian Miziar.

Laga ini pada akhirnya berakhir 1-1. Persis Solo menyamakan kedudukan lewat tandukan Sho Yamamoto. Tambahan satu poin membuat kedua tim masih berada di posisi 14 dan 15 klasemen Liga 1 2023/2024. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Persebaya surabaya Persis Solo Liga 1 Breaking News Wasit Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan