Liga 1

Gelora Bangkalan Layak Jadi Venue Championship Series, VAR Mobile Jadi Solusi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 04 Mei 2024
Gelora Bangkalan Layak Jadi Venue Championship Series, VAR Mobile Jadi Solusi
Stadion Gelora Bangkalan, Madura. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah menetapkan penggunaan Video Assistant Referee (VAR). Rencananya, teknologi canggih ini akan dihadirkan pada fase championship series Liga 1 2023/2024.

Mereka pun mulai melakukan survei ke markas peserta babak empat besar untuk menilai kelayakan venue. Terakhir, mereka mengunjungi Gelora Bangkalan yang menjadi markas Madura United (2/5).

Ketua Local Organizing Committee (LOC) Madura United, Mohammad Alwi, pun ikut mendampingi perwakilan PT LIB yang melakukan pengecekan. Hasilnya, Gelora Bangkalan masih dinyatakan layak menjadi venue championship series.

Baca Juga:

PT LIB Lakukan Penyesuaian Jadwal Championship Series Liga 1 dengan Agenda Timnas Indonesia U-23

Finish Lima Besar Liga 1 2023/2024, Dewa United FC Menatap Musim Depan Lebih Optimistis

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

"Salah satunya mengecek penempatan VAR. Karena terbatasnya tempat atau ruangan akhirnya di putuskan menggunakan VAR Mobile. Untuk penempatan kamera masih bisa menggunakan tempat yang ada di Stadion Gelora Bangkalan," tutur Alwi.

"Langkah ini dibuat agar Stadion Gelora Bangkalan tetap menjadi venue pertandingan Championship Series yang akan di gelar pertengahan Mei nanti," sambungnya.

Sebenarnya Madura United masih memiliki homebase lain yakni Gelora Madura Ratu Pamelingan yang berada di Pamekasan. Hanya saja stadion berkapasitas 15 ribu penonton itu masih dalam proses renovasi.

Selain itu, Madura United juga memiliki opsi untuk menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo yang merupakan venue Piala Dunia U-17 2023. Namun, sebagai klub kebanggan Pulau Garam, mereka tetap mengusahakan berlaga di Madura.

"Kami nanti juga akan menggelar sosialisasi secara tatap muka tentang penggunakaan VAR ke semua unsur terkait pertandingan. Rencana H-2 bakal dilangsungkan simulasi berupa fun football di Gelora Bangkalan menggunakan VAR," papar Alwi.

Pada fase Championship Series nanti, Madura United akan berhadapan dengan jawara Reguler Series, Borneo FC Samarinda (15/5). Laga ini sendiri molor dari jadwal awal lantaran menunggu kiprah Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama)

Madura united Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.142

Bagikan