GBT Dikabarkan Batal Jadi Venue Piala Dunia U-20, Surabaya Show Off di Kualifikasi Piala Asia U-20

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 26 Agustus 2022
GBT Dikabarkan Batal Jadi Venue Piala Dunia U-20, Surabaya Show Off di Kualifikasi Piala Asia U-20
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) bersama Bos Persebaya Surabaya, Azrul Ananda. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Kota Surabaya sudah menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk dapat menggelar event sepak bola internasional sejak zaman Wali Kota Tri Rismaharini. Terkait beredarnya kabar GBT batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Pemerintah Kota Surabaya tak risau.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku belum memperoleh kabar resmi. Dia menjelaskan jika Pemkot Surabaya belum mendapatkan surat resmi dari PSSI mengenai masalah tersebut.

"Sampai hari ini PSSI belum mengirim surat resmi terkait pembatalan GBT jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Malah ada surat resmi dari FIFA dan PSSI, kalau GBT dipakai pertandingan Kualifikasi Piala AFC U-20 mulai 14 September mendatang," kata Eri menjawab BolaSkor.com ketika ditemui pada pembukaan Piala Soeratin U-13 dan U-15 memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya di GBT kemarin (24/8).

Baca Juga:

Promosikan Piala Dunia U-20 2023, PSSI Siapkan Kegiatan Menarik untuk Masyarakat

Emblem Resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia Diluncurkan, Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Kabarnya, GBT mendapatkan beberapa catatan penting dari FIFA yang harus segera dibenahi. Yakni keberadaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang dekat dengan stadion berkapasitas 45 ribu tempat duduk itu. Selain itu yang disoroti oleh FIFA adalah akses jalan, baik masuk maupun keluar.

Eri sendiri menegaskan jika pemkot terus mempersiapkan stadion yang menjadi markas Persebaya Surabaya itu dengan matang. GBT sudah dirancang agar tidak berbau, kendati dekat TPA sampah. Menurutnya, TPA yang berada di kawasan Benowo itu selalu disemprot cairan kimia sehari dua kali pagi dan sore, sampah dari ratusan truk juga dibakar di boiler tiap hari. Sudah ditutup geomembran juga.

Karena itu, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Kepala Dinas Cipta Kerja Kota Surabaya itu optimistiz perhelatan Kualifikasi Piala Asia U-20 nanti berjalan lancar. Sekaligus menjadi pembuktian untuk perhelatan Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Persiapan kami lakukan untuk GBT ini sesuai standar ketika menyambut Piala Dunia. Artinya, sudah ada standar yang ditetapkan, yang ditentukan. Dan itu akan kami jalankan waktu Piala AFC. Syarat-syarat di Piala Dunia kami lakukan untuk kesuksesan Piala AFC, kami munculkan semua," pungkas Eri.

Kualifikasi Piala Asia U-20 akan digelar pada 14-18 September mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Indonesia berada di Grup F bersama Timor Leste, Hongkong, dan Vietnam. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Stadion Gelora Bung Tomo Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.192

Bagikan