Gandeng Garudaku, PBESI Hadirkan Liga Esports Nasional

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 27 Juni 2023
Gandeng Garudaku, PBESI Hadirkan Liga Esports Nasional

Garudaku, sebagai operator resmi dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) secara resmi meluncurkan Liga Esports Nasional 2023 pada tanggal 27 Juni 2023 lewat Konferensi Pers yang bertempat di Kantor Pusat PBESI, Gandaria Office Tower Lt 26.

Liga Esports Nasional sendiri adalah liga terbuka yang diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PBESI dan Garudaku untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports Tanah Air, sekaligus konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan.

Sistem Liga Esports Nasional akan terdiri dari beberapa tingkatan, dimulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional. PBESI dan Garudaku juga akan mengatur semua bentuk kompetisi, serta format, linimasa, dan peserta liga.

Sistem Liga Esports Nasional mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi liga pada tingkat yang tidak sama. Seluruh liga terdapat sistem promosi dan degradasi. Tim yang sukses di liga dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah dapat terdegradasi lebih rendah lagi.

Dengan slogan #LiganyaIndonesia, Liga Esports Nasional mempunyai 3 konsep utama yaitu Terbuka, Tersebar, dan Tertata yang artinya, Liga Esports Nasional ini terbuka untuk seluruh pecinta esports di tanah air dengan format hierarki adanya promosi dan degradasi, tersebar ke seluruh pelosok tanah air, dan dikelola secara profesional, dan transparan, dengan titik berat pengembangan esports Indonesia, dan memajukan kesejahteraan masyarakat.

Mobile Legends Bang Bang akan menjadi gim yang dipertandingkan di dalam Liga Esports Nasional untuk di tahun 2023. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk gim lain yang dipertandingkan di tahun tahun kompetisi berikutnya.

Menurut Ketua Harian PBESI Bapak Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, SH.,M.Hum, “Liga Esports Nasional 2023 adalah bentuk komitmen dan keseriusan Garudaku yang didukung penuh oleh PBESI untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports Tanah Air, sekaligus konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan. Menjadi komitmen PBESI dalam mengembangkan, memajukan dan menguatkan kompetensi esports Indonesia untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dan menjadi negara terdepan di kancah esports internasional. Oleh karena itu Liga Esports Nasional 2023 dipersiapkan untuk misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategis PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi pelatih serta atlet nasional berkompetensi dunia.”

Sementara menurut COO Garudaku Bapak Ricky Setiawan “Liga Esports Nasional sebagai liga resmi dari PBESI yang terbuka untuk semua masyarakat di Indonesia, tersebar merata ke seluruh pelosok tanah air, tertata dengan baik demi menciptakan tatanan kompetisi yang optimal serta sebagai salah satu cara untuk akselerasi kualitas esports di Indonesia, tim esports yang mengikuti tidak hanya berkompetisi tapi juga mendapatkan edukasi untuk pengelolaan baik secara manajerial dan bisnis di dalam tim nya.

Liga 1 Esports Nasional akan digelar di 5 kota besar di Indonesia, dan dilakukan secara luring, dibagi menjadi 2 babak. Babak pertama adalah Group Stage dengan jumlah peserta 16 tim yang bertanding dan dilakukan dengan format series di 5 Kota di Indonesia, Babak kedua adalah playoff dimana akan ada 6 tim terbaik yang lolos ke babak ini.

Sementara Liga 2 dan Liga 3 akan berlangsung secara daring dari studio. Liga Esports Nasional akan menjadi liga resmi terbesar di Indonesia dengan total hadiah Rp3.000.000.000 (tiga milyar rupiah), dengan harapan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan melahirkan atlet atlet esports masa depan yang bisa mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Breaking News Esports PBESI
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan