FSG Bukan Biang Kerok dari Masalah Liverpool Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Senin, 06 Februari 2023
FSG Bukan Biang Kerok dari Masalah Liverpool Saat Ini
Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool belum keluar dari periode negatif. The Reds secara mengejutkan kalah 0-3 saat melawan Wolverhampton Wanderers di Molineux Stadium dan semakin jauh dari zona Eropa di Premier League.

Kekalahan itu semakin memperparah situasi Liverpool setelah kalah dua kali dari Brighton & Hove Albion di Premier League dan Piala FA. Buruknya situasi Liverpool saat ini berkebalikan 180 derajat dari musim lalu, di mana mereka bertarung merebutkan empat trofi.

Muncul banyak teori dari keterpurukan Liverpool dari masalah psikologi dari kegagalan musim lalu, lelah mental, hingga skuad yang kian menua dan tidak lagi bisa mengikuti gaya sepak bola yang diterapkan Jurgen Klopp.

Fans juga menyalahkan FSG selaku pemilik Liverpool karena tak berinvestasi membeli pemain pada Januari di posisi yang dibutuhkan. Alih-alih melakukannya, Liverpool justru merekrut Cody Gakpo ketika klub butuh tambahan pemain di lini belakang dan lini tengah.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Premier League: Man United Susah Payah Menang, Liverpool Kian Terpuruk

Jurgen Klopp Ungkap Penyebab Liverpool Dihajar Wolverhampton

Beda Pendapat Klopp dengan Robertson Terkait Keterpurukan Liverpool

Namun Jamie Carragher, legenda Liverpool sekaligus pandit sepak bola, melihat masalah Liverpool saat ini bukan salah FSG melainkan staf, pemain, dan bagian rekrutmen pemain setelah Michael Edwards meninggalkan Liverpool.

"Rasanya ada begitu banyak area yang tidak tepat di Liverpool. Beberapa dari mereka ada di lapangan dan beberapa di luar lapangan," terang Carragher dikutip dari Dailymail.

"Saya mengatakan ini beberapa hari yang lalu. Banyak pendukung, saya pikir, mengambil pilihan yang mudah. Dimulai dengan Brentford, Brighton dua kali dan kemudian Wolves, bukan kalah dari tim-tim itu, tapi caranya."

"Itu mungkin tiga kekalahan tandang terburuk, tidak hanya di bawah Klopp tetapi dalam sejarah Premier League dari Liverpool. Kehilangan begitu buruk. Mereka tidak hanya kalah, mereka benar-benar babak belur. Itu bisa menjadi 0-5 untuk Wolves kemarin."

"Pertandingan Brighton seharusnya lebih buruk. Mereka tidak hanya kalah dari tim-tim ini dengan gol yang aneh, mereka benar-benar terhapus dari lantai (kalah telak)."

"Banyak orang melihat kepemilikan. Apa yang terjadi saat ini, saya tidak menyalahkan FSG sedikit pun untuk itu. Saya tidak. Saya sekarang akan dikritik oleh bagian pendukung tertentu karena menjadi pembela kepemilikan. Saya tidak punya pekerjaan di Liverpool."

Staf Liverpool, dalam hal ini bagian rekrutmen pemain, jadi sasaran kritik Carragher dengan mencontohkan kegagalan klub merekrut Aurelien Tchouameni yang pada akhirnya ke Real Madrid dari AS Monaco.

"Tapi Anda harus melihatnya dengan benar dan mengatakan ini, bagi saya, tergantung pada staf dan pemain serta tim rekrutmen. Alasan saya kembali ke tim rekrutmen adalah karena selama empat atau lima tahun terakhir, semua orang telah menggunakan Liverpool sebagai model untuk diikuti semua orang di negara ini dan Eropa," imbuh Carragher.

"Beli murah jual mahal. Dan orang-orang mengatakan mereka belum memasukkan cukup uang."

"Tapi apa yang terbaik dari Liverpool sebenarnya adalah menjual dan mendatangkan uang untuk memungkinkan mereka pergi dan membelanjakan 75 juta poundsterling untuk bek tengah, 60 juta poundsterling untuk penjaga gawang, 50 juta poundsterling - unik untuk Naby Keita. Tapi sekarang, mereka sudah sampai akhir musim lalu dan staf - ada uang di sana untuk pemain lini tengah."

“Mereka mencoba membeli pemain yang pergi ke Real Madrid (Aurelien Tchouameni) jadi ada 60-70 juta poundsterling di sana untuk pemain lini tengah."

"Mereka tidak bisa mendapatkan dia dan Jurgen Klopp dan stafnya, atau tim rekrutmen memutuskan 'Kami tidak perlu membeli seorang gelandang'."

"Itu ada pada mereka. Dan kemudian mereka memasuki musim ini dan sejak hari pertama melawan Fulham, mereka belum mampu mengatasi intensitas pertandingan sepak bola Premier League dan mereka benar-benar terlindas di setiap pertandingan yang mereka mainkan," pungkas dia.

Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan