Formula 1 2023: Empat Pembalap yang Mampu Memberikan Ancaman kepada Verstappen

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 29 Desember 2023
Formula 1 2023: Empat Pembalap yang Mampu Memberikan Ancaman kepada Verstappen

BolaSkor.com - Perhelatan Formula 1 musim 2023 menyajikan banyak drama seru yang mampu menyorot perhatian publik. Beberapa di antaranya bahkan sempat menjadi topik hangat yang terus di perbincangkan.

Salah satunya terkait kemunculan rival-rival yang mampu menyaingi Max Verstappen. Akhirnya pembalap Red Bull ini mendapat perlawanan yang dapat mengancam statusnya sebagai raja Formula 1.

Uniknya di antara para pesaing tersebut, ada yang berasal dari tim-tim papan tengah. Mereka berhasil membuktikan tim yang dipandang sebelah mata masih bisa berbicara banyak.

Lebih lanjut, BolaSkor telah merangkum empat pembalap yang mampu memberikan kepada sang raja Formula 1 di musim 2023 ini. Berikut ulasan secara detailnya:

Fernando Alonso

Fernando Alonso menjadi nama pertama yang masuk ke dalam daftar ini. Pembalap tim Aston Martin ini berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu pesaing berat Verstappen.

Bahkan di awal 2023 ini, pembalap asal Spanyol itu sempat digadang-gadang sebagai penjaga dominasi Verstappen. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan merebut enam podium di paruh pertama musim ini.

Sayangnya memasuki paruh kedua, Alonso seolah kehilangan taringnya. Terbukti dari sebelas balapan yang tersaji, pembalap berumur 42 tahun ini hanya bisa merebut podium sebanyak dua kali.


Lando Norris

Tidak ada yang menyangka Lando Norris akan berubah menjadi pembalap paling menakutkan di musim 2023 ini. Semenjak upgrade besar-besaran yang dilakukan McLaren di GP Austria, Norris mampu tampil lebih menggigit dibandingkan biasanya.

Terbukti melalui keberhasilannya meraih tujuh kali podium (enam kali podium kedua dan satu kali podium ketiga). Berkat hasil positif ini, pembalap asal Inggris Raya ini mampu menempati posisi keenam dalam klasemen akhir.


Oscar Piastri

Upgrade besar-besaran yang dilakukan McLaren tidak hanya memberi dampak positif pada Norris saja. Nyata berkat hal tersebut, performa Piastri juga ikut terdokrak secara signifikan.

Tengok saja saat Piastri berhasil merebut podium ketiga di GP Jepang dan kedua di GP Qatar. Padahal sebelum dipersenjatai dengan upgrade tersebut, Piastri tidak pernah sama sekali finish di posisi
lima besar.


Charles Leclerc

Dalam perolehan poin di klasemen, Leclerc memang tidak dapat mendulang banyak poin seperti Lewis Hamilton, Fernando Alonso, dan Sergio Perez. Tercatat rekan satu tim Carlos Sainz ini hanya mampu mengamankan posisi kelima di klasemen akhir.

Namun dari segi performa di sesi kualifikasi, pembalap Ferrari ini mampu memberikan ancaman menakutkan kepada Verstappen. Hal ini dapat dilihat melalui keberhasilannya mengalahkan Verstappen dalam perebutan pole position. Tercatat setidaknya di musim 2023 ini, pembalap asal Monako tersebut sudah lima kali membungkam Verstappen.

Penulis: Bintang Rahmat.

F1
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan