Florentino Perez Tegaskan Proyek Liga Super Eropa Dimulai Kembali

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 21 Desember 2023
Florentino Perez Tegaskan Proyek Liga Super Eropa Dimulai Kembali
Florentino Perez (Twitter)

BolaSkor.com - Presiden Real Madrid, Florentino Perez, menegaskan proyek Liga Super Eropa akan dimulai kembali. Bagi Perez, keputusan dari Pengadilan Kehakiman Uni Eropa (CJEU) adalah kemenangan bersama.

Awalnya, Liga Super Eropa dibentuk oleh sejumlah tim besar Eropa dari Inggris, Italia, dan Spanyol untuk menandingi Liga Champions milik UEFA. Liga Super Eropa dijanjikan akan menghasilkan lebih banyak uang dan adil.

Namun, proyek itu terhenti di tengah jalan. Sebab, UEFA mengeluarkan ancaman akan menghukum klub yang bermain di Liga Super Eropa. Menurut UEFA, Liga Super Eropa hanyalah kompetisi yang dikuasai segelintir tim saja.

Tak pelak, para peserta pun mulai berguguran. Saat ini, tinggal Real Madrid dan Barcelona yang ada di dalam barisan.

Baca Juga:

Keputusan yang Membuat Liga Super Eropa Bangkit dari Kubur

Cuci Gudang, Seluruh Pemain Barcelona Masuk Daftar Jual

Hasil Pertandingan: Barcelona Menang, Inter Tersingkir, dan Liverpool Lolos ke Semifinal

Namun, ketika peserta tinggal sedikit, justru Liga Super Eropa mendapatkan titik terang. Upaya melalui jalur hukum membuahkan hasil positif.

"Peraturan FIFA dan UEFA mengenai persetujuan sebelumnya terhadap kompetisi sepak bola antarklub, seperti Liga Super, bertentangan dengan hukum UE," bunyi keputusan CJEU.

Itu artinya, UEFA dilarang memberikan hukuman kepada klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. UEFA dianggap melakukan monopoli kepada sepak bola jika menjatuhkan sanksi.

Setelah keputusan itu keluar, Florentino Perez sebagai penggagas Liga Super Eropa pun buka suara. Ia menyambut baik dan siap memutar roda kompetisi Liga Super Eropa.

"Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi sejarah sepak bola. Kami telah menang hari ini," tegas Perez dalam konferensi persnya di Real Madrid TV.

"Sepak bola, suporter, dan kebebasan telah menang pada hari ini," sambung Florentino Perez.

"UEFA? Sepak bola tidak akan pernah menjadi monopoli lagi. Liga Super Eropa akan sepenuhnya selaras dengan kompetisi nasional. Liga Super Eropa yang baru akan terbuka untuk semua," ujar Perez.

Liga Super Eropa berpotensi menghadirkan pemasukan besar bagi para klub yang selama ini kesulitan, terutama dari Spanyol dan Italia. Dengan begitu, kedua liga itu bisa menyaingi Premier League yang melaju sendirian.

"Izinkan saya memberi tahu klub-klub Eropa bahwa kita sedang menghadapi awal zaman baru di mana dapat bekerja dalam kebebasan dari dialog konstruktif, tanpa ancaman, tanpa bertindak melawan apa pun atau siapa pun. Kami bertujuan berinovasi plus memodernisasi sepak bola untuk terus memupuk semangat," ujar Perez.

Liga Super Eropa Breaking News Real Madrid Barcelona
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.202

Bagikan