Final Liga Europa: AS Roma Bisa Nodai Rekor Bagus Sevilla

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 30 Mei 2023
Final Liga Europa: AS Roma Bisa Nodai Rekor Bagus Sevilla
Sevilla vs AS Roma di final Liga Europa (Laman Resmi UEFA)

BolaSkor.com - Final Liga Europa 2022-2023 akan dihelat di Puskas Arena, Jumat (01/06) pukul 02.00 dini hari WIB. Dua tim yang akan bertanding di Budapest, Hungaria, tersebut adalah AS Roma melawan Sevilla.

Pertemuan kedua tim itu menarik karena mempertemukan Raja Liga Europa, Sevilla, yang sudah menjuarainya enam kali (rekor) dan perna meraihnya tiga kali beruntun pada medio 2013-2016. Sevilla bahkan selalu memenangi laga ketika mencapai final Liga Europa.

Sementara lawannya, Roma dilatih oleh Jose Mourinho yang punya rekor bagus di final. The Special One punya rekor 100 persen di final turnamen antarklub Eropa, dengan detail di Liga Champions, Liga Europa, hingga UEFA Conference League.

Roma dibawa pelatih asal Portugal itu finish sebagai juara edisi perdana Conference League musim lalu. Kini, pelatih berusia 60 tahun coba membawa Il Giallorossi menodai rekor bagus Sevilla di Liga Europa.

Baca juga:

Alasan Mengapa Final Liga Europa Musim Ini Menarik untuk Dinanti

Hasil Liga Europa: AS Roma Tantang Sevilla di Final

Hasil Pertandingan: Manchester City Kembali ke Puncak, Inter Milan Pesta Gol

Catatan Mourinho itu disadari betul oleh gelandang Sevilla, Ivan Rakitic. Secara khusus ia mewaspadai Roma karena Mourinho terkenal sebagai spesialis peraih trofi dan sudah memenangi segalanya di Eropa.

"Itu (laga melawan Roma) akan lebih sulit daripada bermain melawan Juventus. Pertama, karena Roma dipimpin oleh salah satu pelatih terbaik di dunia, katakanlah di tiga besar saat ini, seorang pelatih hebat yang telah memenangkan semua trofi Eropa dalam kariernya dan bukan hanya itu," tutur Rakitic kepada Tuttosport.

"Mourinho adalah ahli strategi yang benar-benar 'Istimewa', unik, dalam segala hal."

"Saya juga khawatir dengan Roma sebagai sebuah tim karena mereka tetap kompak apapun yang terjadi. Secara khusus, ada pemain yang membuat saya khawatir dan merupakan talenta besar dan Juara Dunia: Paulo Dybala."

Legenda Roma, Francesco Totti, juga yakin cepat atau lambat catatan bagus Sevilla di Liga Europa akan berakhir. Roma, menurutnya, punya kans besar melakukannya.

"Saya kira Sevilla memiliki lebih banyak pengalaman di final ini. Saya pikir mereka telah bermain di enam final dan memenangkan keenamnya. Jadi, cepat atau lambat, dengan sedikit keberuntungan, mereka akan kalah," ujar Totti.

"Dan dengan Mourinho sebagai pelatih, kami memiliki peluang fantastis ini. Dia adalah pelatih dengan banyak pengalaman dalam permainan seperti ini, jadi dia akan menghadapi tantangan dengan cara terbaik untuk membuat tim menjadi yang teratas."

"Dengan pelatih seperti ini, yang memiliki kepribadian kuat, semuanya menjadi lebih mudah. Pelatih seperti ini terbiasa menang, jadi mereka bisa menularkan mental juara ini ke tim – dan saya pikir itulah yang dia lakukan," urai Totti.

Liga Europa Roma AS Roma Sevilla
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.864

Bagikan