Ferrari Belajar Banyak Usai Terpuruk di Silverstone

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 18 Juli 2023
Ferrari Belajar Banyak Usai Terpuruk di Silverstone

BolaSkor.com – Bos Ferrari Frederic Vasseur mengaku mendapat banyak pelajaran usai menjalani GP Inggris di Sirkuit Silverstone. Mantan kepala tim Alfa Romeo itu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di balapan selanjutnya, GP Hungaria.

Ferrari harus menelan pil pahit di GP Inggris, 9 Juli lalu. Tim berlambang kuda jingkrak itu gagal menuntaskan misinya untuk merebut posisi podium.

Padahal pada balapan tersebut, kedua drivernya, Charles Leclerc dan Carlos Sainz memiliki peluang emas untuk dapat mewujudkannya. Pasalnya di sesi kualifikasi, Leclerc dan Sainz mampu mangamankan posisi strategis dalam starting grid balapan utama.

Tercatat Leclerc berhasil menempati posisi keempat. Sedangkan Sainz tepat berada di belakangnya, posisi kelima.

Sayangnya kesempatan ini tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Alhasil Leclerc harus luas finish di posisi kesembilan. Sementara Sainz mengekor di posisi sepuluh.

Hal ini tidak terlepas dari strategi yang dipilih oleh Ferrari. Akibat takut dengan degradasi ban, tim yang bermarkas di Maranello, Italia ini memilih main aman saat menjalani GP Inggris.

“Memulai dari posisi keempat dan kelima, usai kualifikasi kita merasa dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari para ini. Kita tidak senang finish di posisi kesembilan dan kesepuluh, tetapi sekarang kita harus melihat lebih dalam sepanjang pekan, tidak hanya pada saat balapan saja,” kata Vasseur, dilansir dari laman resmi Formula 1.

“Saya berpikir kita tidak melakukan tugas panjang di hari Jum’at, kamu hanya menjalani tugas dengan ban kompon lunak dan Leclerc terjebak di garasi karena masalah teknis. Kami juga takut dengan degradasi ban,” tambahnya.

Berkaca dari situasi ini, Vasseur akhirnya sadar strategi ini justru menjadi senjata makan tuan. Pria asal Perancis ini berharap Ferrari dapat menebus kesalahannya di GP Hungaria yang akan digelar pada akhir bulan ini. Terlebih lagi pada balapan tersebut Ferrari akan mendapat keuntungan khusus karena mobilnya sengat cocok dengan karakteristik layout Sirkuit Hungaroring.

“Di atas kertas memang benar. Namun kamu harus memiliki settingan yang benar. Ini tidak hanya sebatas dari komponen yang sesuai dengan lintasan," tegas Vasseur.

Penulis: Bintang Rahmat

F1 Ferrari Scuderia Ferrari
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan