Fenomena Baru Dunia Sepak Bola Menurut Arsene Wenger

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 09 Maret 2022
Fenomena Baru Dunia Sepak Bola Menurut Arsene Wenger
Arsene Wenger (Twitter)

BolaSkor.com - Semenjak tak lagi melatih Arsenal, Arsene Wenger memasuki 'dunia' baru sebagai Kepala Pengembangan Global FIFA. Peran Wenger itu mengharuskannya untuk melihat sepak bola secara universal atau lebih luas.

Itu berbeda dari fokusnya selama 22 tahun melatih Arsenal dari medio 1996 hingga 2018. Semasa itu pria asal Prancis sepenuhnya fokus dengan klub dari London Utara menangani hampir seluruh hal dari pemain, sesi latihan, hingga proses rekruitmen.

Wenger salah satu figur yang sudah melewati lintas zaman dari sepak bola masa lalu hingga sepak bola modern saat ini. Tak ayal beliau dapat melihat perbedaan sepak bola di masa lalu dan saat ini.

Salah satu teori menarik yang dikeluarkannya baru ini terjadi saat laga leg dua Liga Champions antara Liverpool kontra Inter Milan di Anfield, Rabu (09/03) dini hari WIB. Wenger menyoroti sosok striker Inter, Edin Dzeko yang sudah berusia 36 tahun.

Baca Juga:

Arsenal Sekarang Mirip Barcelona

Cerahnya Masa Depan Arsenal

Bukayo Saka dan Penolakan Crystal Palace yang Menjadi Berkah untuk Arsenal

Menilik hal tersebut, Wenger kemudian melihat pemain-pemain lain yang prima di usia senja. Menurut Wenger apa yang terjadi itu merupakan fenomena dunia sepak bola saat ini.

“Yang menarik adalah bahwa hari ini kita di sini mengatakan "Apa yang perlu dilakukan pria seperti (Edin) Dzeko, yang berusia 36 tahun, untuk bermain di Liga Champions?" tutur Wenger kepada BeIN Sports.

“Beberapa tahun yang lalu kita akan mengatakan 'Apa yang dilakukan pria berusia 36 tahun di lapangan sepak bola di Liga Champions?"

“Itu memberi tahu kita sesuatu yang telah berubah dalam permainan modern – para pemain berpengalaman, terutama striker, bertahan lebih lama dan pemain dominan di Eropa semuanya lahir pada (19)87, 86 dan mereka berusia 35, 36 tahun. Ini fenomena baru."

Apa yang diutarakan Wenger itu bisa jadi pertimbangan baru bagi klub-klub Eropa mengenai pemain berusia 30 tahun atau lebih. Ketika momen-momen mereka seakan telah berakhir, tapi itu belum tentu terjadi dan mereka masih prima.

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, sebelumnya juga berkata demikian dan mendukung 'fenomena' baru yang diutarakan Wenger.

“Satu atau dua tahun lalu, tiga pemain teratas (kandidat) Ballon d’Or, selain (Mohamed) Salah yang sedikit lebih muda, semuanya berusia 34 tahun atau lebih," ucap Klopp.

“(Robert) Lewandowski 33 tahun, kemudian Messi dan Ronaldo (berusia) 34 dan 37 tahun dan jika Anda cukup beruntung untuk melewati karier tanpa cedera besar Anda bisa bermain lama."

“Tidak ada puncak pada pertengahan 20-an. Keuntungan besar dari awal 30-an, pertengahan 30-an adalah pemain dapat melihat hal-hal dengan cara yang benar setelah belajar dalam kariernya."

"Dia bisa menggunakan itu dan dia bisa menjadi pemain yang lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya dan itulah rencana mereka semua. Tidak ada atap (batasan) usia."

“Untuk klub berbeda, mereka berpikir 'kami tidak akan mengontrak pemain berusia 33 tahun karena kami tidak bisa menjualnya lagi' tetapi jika pemain sudah masuk maka luar biasa memiliki dia karena mereka memiliki pengalaman, keinginan dan kualitas," terang Klopp.

Breaking News Arsene Wenger Fifa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.837

Bagikan