Exco PSSI Belum Putuskan Posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Senior hingga U-20

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 13 Juni 2022
Exco PSSI Belum Putuskan Posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Senior hingga U-20
Shin Tae-yong memimpin Timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan di Korea Selatan. (PSSI)

BolaSkor.com - Komite Eksekutif (Exco) PSSI belum mengambil keputusan apa pun terkait posisi Shin Tae-yong di Timnas Senior hingga Timnas Indonesia U-19/U-20.

Sebelumnya, Exco PSSI menggelar pertemuan usai Kongres PSSI di Bandung, pada awal Juni kemarin. Pembahasannya mengenai evaluasi Shin Tae-yong usai SEA Games 2021 Vietnam.

Dalam pertemuan tersebut, beredar kabar mayoritas Exco setuju Shin Tae-yong ke depannya hanya fokus melatih Timnas Indonesia U-19/U-20 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Tanah Air. Hanya dua Exco PSSI yang setuju Shin Tae-yong tetap memegang kendali Timnas Indonesia Senior, U-23, dan U-19.

Namun, hal tersebut dibantah oleh anggota Exco PSSI asal Jawa Timur, Ahmad Riyadh. Menurutnya, belum ada rapat lanjutkan yang khusus membahas posisi pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

"Pada saat rapat di Bandung, kami hanya mendengarkan pemaparan Shin Tae-yong dan evaluasi SEA Games 2021," kata Ahmad Riyadh saat dihubungi BolaSkor.com, Senin (13/6) malam WIB.

"Jadi sampai saat ini tidak ada voting Exco soal posisi Shin Tae-yong," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Tinjau Tempat TC di UPI, Ketum PSSI Berharap Skuat Timnas U-20 seperti Cristiano Ronaldo

Piala Presiden 2022, Acuan Kehadiran Penonton di Stadion untuk Kompetisi hingga Piala Dunia U-20

Penegasan serupa disampaikan Haruna Soemitro, anggota Exco PSSI yang juga berasal dari Jawa Timur. Haruna mengatakan sampai saat ini Shin Tae-yong bertugas sesuai kontraknya, yaitu menangani Timnas Indonesia dari kelompok umur 19 tahun sampai tim senior.

"Tidak ada, tidak ada voting. Rapat Exco saja belum," ujar Haruna saat dikonfirmasi.

"Sampai saat ini tugasnya Shin Tae-yong sesuai kontraknya dia," tuturnya.

Tunggu Shin Tae-yong

Seperti diketahui, Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan berencana akan membahas posisi Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia dalam rapat Exco PSSI.

Ia menyebut ada wacana Shin Tae-yong hanya difokuskan melatih Timnas Indonesia U-19/U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Ini tak terlepas dari keinginan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia tak hanya sukses menjadi tuan rumah, tetapi juga menorehkan prestasi di Piala Dunia U-20 2023.

Namun, menurut Iriawan, keputusan tetap akan ditentukan dengan adanya pendapat Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu masih fokus bersama Timnas Indonesia Senior di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga:

Ketum PSSI Optimistis Timnas Indonesia Sikat Nepal dan Lolos ke Piala Asia 2023

Klasemen Sementara Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023: Indonesia Posisi Buncit

"Kami hormati kontrak yang bersangkutan sampai 2023. Di sela-sela kongres (PSSI, di Bandung) STY kami panggil untuk memberikan laporan. Di sana disampaikan apa yang STY lakukan tentang tiga kelompok umur tersebut. Akhirnya kami berdiskusi dengan Exco (PSSI), kami menginginkan nanti kelompok umur 20 saja untuk dilatih oleh STY," ungkap Iriawan.

"Tapi kami masih menunggu jawaban dari yang bersangkutan. Kami tunggu pulang dari Kuwait. Yang jelas PSSI dan Exco ingin dia melatih U-20 saja, jadi fokus untuk mempersiapkan Piala Dunia (U-20) tahun depan," pungkas mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya tersebut.

Para pemain Timnas Indonesia sedang berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A yang berlangsung di Kuwait. (PSSI)

Adapun saat ini Shin Tae-yong sedang memimpin Timnas Indonesia pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A yang berlangsung di Kuwait. Tim Merah-Putih masih berpeluang lolos ke putaran final ajang sepak bola paling bergengsi di Benua Kuning tersebut, jika mampu meraih kemenangan atas Nepal, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Pssi Exco pssi Mochamad Iriawan Ahmad Riyadh Haruna Soemitro Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.496

Bagikan