Evolusi Arsenal Sudah Dimulai Sejak Era Unai Emery

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 17 Februari 2023
Evolusi Arsenal Sudah Dimulai Sejak Era Unai Emery
Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - Apa yang dilakukan Arsenal sejauh ini masih jadi kejutan di Premier League. Bagaimana tidak, tak banyak yang memprediksi mereka jadi pesaing kuat peraih titel Premier League di kala unggulan masih tim seperti Liverpool dan Manchester City.

Arsenal menerobos stigma itu dan bertahan lama di puncak klasemen sampai kekalahan baru ini, 1-3 melawan Man City membuat mereka turun ke posisi dua - tapi dengan perolehan poin yang sama dan Arsenal masih punya satu laga tunda.

Mikel Arteta jadi aktor utama di balik kebangkitan Arsenal setelah ditunjuk melatih pada Desember 2019. Tetapi jika ditarik mundur lagi ada sosok yang berperan penting mengalami evolusi The Gunners pasca era Arsene Wenger.

Dia adalah Unai Emery. Pelatih asal Spanyol berusia 51 tahun melatih Arsenal pada 2018 hingga 2019. Tidak mudah baginya datang setelah Arsenal dilatih oleh Wenger selama 22 tahun. Emery pun tahu evolusi harus dimulai.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Chelsea Tumbang, Manchester City Kalahkan Arsenal, Real Madrid Pesta Gol

Arsenal Ingin Bajak Marcus Rashford

Balas Haters yang Ingin Jatuhkan Manchester City, Pep Guardiola Sindir Legenda Liverpool

"Itu adalah saat yang sulit bagi pelatih mana pun yang datang, untuk memantapkan diri," kata Emery kepada The Athletic pada April 2022 lalu. "Sulit untuk memahami bahwa perlu ada evolusi. Perubahan diperlukan, dan saya memulai perubahan itu."

Evolusi pun dimulai. Arsenal pada musim perdana Emery melatih finish di urutan lima dan kalah di final Liga Europa lawan Chelsea, lalu di musim kedua segalanya tak berjalan baik hingga Emery dipecat.

Akan tapi pondasi sudah dibentuk Emery dengan memberikan kesempatan kepada Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe, dua produk akademi Arsenal bermain dan juga Gabriel Martinelli. Ketiganya diberi kans debut oleh Emery.

Saat ini mereka bertiga jadi pemain penting bagi Arteta dalam misi Arsenal untuk memenangi titel Premier League.

"Saka dan Smith Rowe mulai bermain dengan saya. Saya memberi Saka debutnya di Premier League melawan Fulham, pada 1 Januari, ketika dia berusia 17 tahun," tambah Emery.

"Anda harus bekerja dengan para pemain muda ini, untuk menggantikan mereka yang ada di sana sebelumnya. Gabriel Martinelli, yang tiba saat itu juga – saya tahu dia adalah pemain yang akan berkembang."

"Arteta melakukan pekerjaan dengan baik, melanjutkan apa yang saya mulai. Dia memiliki kesabaran dari para penggemar, kesabaran yang tidak mereka miliki terhadap saya. Tapi saya mengerti itu," urainya.

Emery memenangi 43 dari 78 laga saat melatih Arsenal (55 persen rasio kemenangan), kalah dari rasio 57 persen kemenangan Arteta. Emery pun akan kembali bertemu Arsenal di akhir pekan ini pada pekan 24 Premier League sebagai lawan, sebagai pelatih Aston Villa di Villa Park, Sabtu (18/02) pukul 19.30 WIB.

Arsenal Aston villa Premier League Unai Emery
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan