Espargaro Belum Bisa Berdamai dengan Format Baru

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 08 Juni 2023
Espargaro Belum Bisa Berdamai dengan Format Baru
Aleix Espargaro (twitter/AleixEspargaro)

BolaSkor.com – Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro mengaku format baru yang hadir di musim ini membuatnya keteteran. Pembalap asal Spanyol ini bahkan secara tegas tidak menyukai inovasi yang dilakukan Dorna Sport tersebut.

Sebagaimana diketahui, Dorna Sport melakukan terobosan baru di musim 2023 ini. Pemegang hak komersial MotoGP ini mencoba nuansa baru dengan menghadirkan format sprint race, layaknya balapan Formula 1.

Jika dilihat dari fungsinya, format ini dapat memberikan dampak positif bagi para pembalap. Sebab melalui sprint race, pembalap dapat memperolehnya tambahan poin guna mendongkrak posisinya dalam klasemen sementara.

Namun tidak semua pembalap mengapresiasi kehadiran format baru ini. Dikabarkan, Aleix Espargaro justru kesal dengan inovasi yang dilakukan Dorna Sport.

“Terasa lebih stress dibandingkan dulu. Kita masih harus beradaptasi sedikit lebih baik dan mencoba menikmati semua hal. Ini sangat penting bagi saya agar bisa menikmati setiap pekan,” ungkap ujung tombak Aprilia ini, dikutip dari speedweek com.

Espargaro mengungkapkan, kekesalan yang dirasakannya akibat tekanan mental yang semakin tinggi. Pasalnya sejak kehadiran sprint race, beban kerja Espargaro meningkat dua kali lipat.

“Bagaimanapun saya terlalu stres saat ini karena kamu harus memelintir gas di setiap balapan agar tetap berada di posisi kesepuluh. Hal ini kadang membuat saya kehilangan fokus dan tidak bisa bersiap untuk balapan utama,” jelas Espargaro.

Namun bukan berarti kehadiran sprint race dipandang negatif oleh Espargaro. Di sisi lain, rekan satu tim Maveric Vinales ini mendapat hal positif berkat format baru tersebut.

“Saya memang tidak suka, tetapi terkadang sangat menyenangkan bisa mengendarai motor hingga mencapai batas, seperti saat kualifikasi. Karena normalnya kita tidak bisa berkendara mencapai limit di balapan utama karena faktor degradasi ban, konsumsi bahan bakar, dan banyak hal,” jelas Espargaro.

“Namun di sprint race kamu bisa melakukannya karena jarak yang pendek, kamu tidak perlu memperhatikan kondisi ban atau faktor-faktor lain. Ini sangat baik. Tetapi sangat sulit bersenang-senang di tengah keagresifan pembalap lain. Saya tahu ini merupakan jawaban yang aneh,” tandas pembalap berumur 33 tahun ini.

Penulis: Bintang Rahmat

Aleix Espargaro Motogp Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan