Erick Thohir Pastikan FIBA World Cup 2023 Akan Menjadi Sejarah bagi Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 20 Agustus 2023
Erick Thohir Pastikan FIBA World Cup 2023 Akan Menjadi Sejarah bagi Indonesia
Erick Thohir hadir dalam sosialisasi menuju FIBA World Cup 2023 di Lapangan Basket Saparua Bandung, Sabtu (19/8). (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Erick Thohir sambangi gelaran sosialisasi menuju FIBA World Cup 2023 di Lapangan Basket Saparua Bandung, Sabtu (19/8). Gelaran bertajuk Road to FIBA World Cup 2023 ini merupakan kali terakhir sebelum kejuaran dunia bola basket ini digelar pada 25 Agustus 2023 mendatang. Sebelumnya digelar di Bali, Solo, Surabaya, Jakarta.

Erick Thohir yang merupakan anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) ini mengatakan ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia. Sebab negara kebanggaannya ini terpilih menjadi tuan rumah selain Filipina dan Jepang.

"Dan yang tampil juga nggak tanggung-tanggung, ada Prancis, Spanyol, Kanada, dan Brasil yang sepuluh besar tim terbaik di dunia," kata Erick Thohir di sela-sela kegiatan Road to FIBA World Cup 2023 di Lapangan Basket Saparua Bandung.

Erick Thohir yang merupakan Menteri BUMN ini juga memastikan FIBA World Cup 2023 ini akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk belajar. Apalagi Indonesia sudah berhasil menyabet medali emas di SEA Games, baik putra maupun putri.

"Tim putri main di final (FIBA Asian Cup Division A) melawan Iran. Ini basket berkembang Alhamdulillah, olahraganya anak-anak muda, milenial," tuturnya.

Secara kesiapan sebagai tuan rumah, Erick merasa Perbasi sudah sangat serius mempersiapkannya dengan baik. Diharapkan keinginan untuk menjadi tuan rumah yang baik bisa terwujud.

"Kita harus membuktikan sebagai salah satu panitia yang terbaik, apalagi bapak Presiden sudah membangun Indonesia Arena. Ini pertama kali Indonesia punya stadion dengan kapasitas 16 ribu dan Pak Presiden bilang ini bukan hanya untuk basket tapi untuk konser dan lain-lain," tegasnya.

Namun, Erick sedikit menyayangkan lantaran Indonesia tidak ambil bagian di FIBA World Cup 2023 ini setelah gagal di babak kualifikasi.

"Tetapi kemarin di pertandingan kualifikasi Olimpiade lumayan, bisa ngalahin Kazakhstan dan Suriah yang selama ini kita nggak pernah menang. Memang putrinya lebih terlihat maju, putranya harus bertarung lagi dan kita dukung terus," katanya.

Karena itu, Erick Thohir terpaksa menjagokan tim lain di FIBA World Cup 2023. Antara Kanada atau Spanyol.

"Maunya (jagokan) Indonesia cuma belum rezeki. Saya lihat Kanada, Amerika dan Spanyol, mungkin tiga besar itu, tapi saya dukung yang main di Indonesia deh. Kalo nggak Kanada ya Spanyol," pungkasnya.

Dalam acara bertajuk Road to FIBA World Cup 2023 di Bandung ini, panitia penyelenggara lokal (LOC) menggelar pertandingan ekshibisi yang dimeriahkan oleh musisi dan mantan pebasket nasional seperti Ardhito Pramono dan legenda bola basket Satria Muda Cristian Ronaldo Sitepu, Andrea Tiara, Firmansyah serta Kiki Susilo. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Erick thohir FIBA Piala Dunia FIBA 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan