Piala Asia 2023

Erick Thohir Bidik Target Lebih Tinggi Setelah Timnas Indonesia Cetak Sejarah di Piala Asia 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 29 Januari 2024
Erick Thohir Bidik Target Lebih Tinggi Setelah Timnas Indonesia Cetak Sejarah di Piala Asia 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Skuad Garuda tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan Australia 0-4, Minggu (28/1).

Meski kalah, Erick tetap bangga dengan pencapaian Jordi Amat dan kawan-kawan. Sebab, mereka berhasil mencapai target, yakni lolos dari fase grup untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Dari empat penampilan sebelumnya di Piala Asia 1996, 2000, 2004, dan 2007 (sebagai tuan rumah), Timnas Indonesia selalu tersingkir di fase grup. Karena itu, prestasi di Piala Asia 2023 diharapkan jadi modal positif.

Erick Thohir menginginkan raihan prestasi yang lebih tinggi jika Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Artinya, Erick berharap Tim Merah-Putih setidaknya mencapai babak perempat final.

Erick Thohir yakin kalau target itu tidak muluk-muluk, karena menurutnya Indonesia punya modal untuk meraihnya. Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berstatus sebagai tim termuda sehingga dalam beberapa tahun ke depan, skuad ini diharapkan lebih matang.

Adapun, untuk memastikan tiket ke Piala Asia 2027 lebih cepat, Timnas Indonesia bisa meraihnya dengan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat ini, Indonesia masih menempati posisi buncit (4) Grup F putaran kedua kualifikasi.

"Tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni empat laga dengan lawan-lawan yang punya kualitas di atas. Ada pengalaman yang diperoleh, ada mental yang levelnya seharusnya naik karena melawan tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia," kata Erick Thohir.

"Ini modal yang baik. Ibaratnya, jika kali ini 16 besar dan itu sudah sejarah, berikutnya harus lebih tinggi," tambahnya.

Baca Juga:

Dikalahkan Australia, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Cuma Kalah Pengalaman

Andai Saja Tidak Terjadi Gol Bunuh Diri, Mungkin Hasil Timnas Indonesia Lawan Australia Bisa Berbeda

Soal kekalahan 0-4 dari Australia di babak 16 besar, Erick mengatakan bahwa di luar dari skor itu, para pemain Timnas Indonesia sudah memberikan penampilan terbaik, bahkan mampu memberikan perlawanan.

"Artinya, dari segi materi pemain inilah timnas terbaik kita. Tapi kita butuh lebih untuk penyempurnaan taktik dan strategi agar tim ini makin berprestasi," ucap Erick.

"Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang," tambahnya.

Erick kemudian meminta kepada para pemain untuk tidak perlu meratapi kekalahan dari Australia. Mantan Presiden Inter Milan itu berharap, khususnya kepada pemain yang nanti masuk skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024 bisa meraih hasil maksimal.

PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak perempat final. Menariknya, di babak grup Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Australia.

Kedua tim bersama tuan rumah Qatar dan Yordania tergabung di Grup A. Dua tim terbaik akan lolos ke babak 8 besar atau perempat final.

"Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U-23 bisa masuk 8 besar," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Piala Asia Timnas Indonesia Piala Asia 2023 Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.413

Bagikan