Elite Pro Academy U-16 dan U-18 Resmi Digelar

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 18 Oktober 2021
Elite Pro Academy U-16 dan U-18 Resmi Digelar
Pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18 akhirnya resmi digelar. Pembukaan secara langsung dilakukan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (18/10).

Mochamad Iriawan mengaku lega pada akhirnya EPA bisa kembali digelar. Pasalnya, sudah hampir dua tahun, kompetisi untuk pesepak bola muda ini terhenti akibat pandemi COVID-19.

"Kompetisi ini bisa juga sebagai bibit untuk ke depannya. Seperti tim nasional U-23 hingga tim nasional senior. Karena kalau tidak ada kompetisi semua akan canggung. Tidak hanya pemain, tapi juga wasit dan pelatih," ungkap Mochamad Iriawan.

Baca Juga:

Hasil Liga 2: Persis dan Persekat Menang, PSCS Gagal Lanjutkan Tren

Persita Paceklik Kemenangan, Widodo: Wajib Bangkit

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini memastikan akan selalu menyambut baik kompetisi ini. Sebab, ia mengaku bahwa pembinaan usia muda menjadi fokus utamanya dalam menangani sepak bola Indonesia.

"Pada tahun 2023 ada Piala Dunia U-20. Saya inginkan klub memacu mereka (pemain) untuk nantinya bisa diambil dan disiapkan untuk Piala Dunia," katanya.

Iwan Bule juga berharap kepada masing-masing klub untuk bisa membina para pemainnya dengan maksimal selama mengarungi EPA U-16 dan U-18. Seperti bermain bagus, serius dan profesional.

"Tentunya kesempatan ini jangan disia-siakan, berbuat yang baik, tunjukan skill, dan buktikan bahwa kalian mampu. Jangan berantem di area lapangan hijau. Saya tahu, dalam setiap pertandingan tensinya tinggi. Contoh, di luar (negeri) tidak ada adu fisik di lapangan hijau. Respek kepada lawan dan hormat kepada wasit," tegasnya.

EPA U-16 dan U-18 diikuti sebanyak 18 tim. Mereka adalah peserta yang mengikuti Liga 1 2021/2022.

Seluruh pertandingan digelar di Bandung. Seperti Stadion si Jalak Harupat, Gelora Bandung Lautan Api, Sabilulungan, Arcamanik, Lodaya, dan Progresif.

"Kami pilih Bandung karena akomodasi juga cukup mudah. Di tempat lain kan sekarang dipakai Liga 1 dan Liga 2. Jadi, kami pilih di sini (Bandung)," tambah Iwan Bule.

Seperti diketahui untuk EPA musim 2019, juara U-16 diraih Tira Persikabo dan Bhayangkara FC di posisi kedua. Sedangkan untuk U-18 diraih Bhayangkara FC dan PSIS Semarang sebagai runner-up.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Berikut pembagian grup untuk Elite Pro Academy 2021:

Grup A

1. Madura United FC

2. PSM Makassar

3. Persiraja Banda Aceh

4. Arema FC

5. Persik Kediri

6. Borneo FC

Grup B

1. Bali United FC

2. PSS Sleman

3. PS Tira

4. Persipura Jayapura

5. PS Barito Putera

6. Persija Jakarta

Grup C

1. Persela Lamongan

2. PSIS Semarang

3. Persita Tangerang

4. Bhayangkara FC

5. Persebaya Surabaya

6. Persib Bandung

Pssi Elite Pro Academy Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan