Eks Wonderkid dari Kroasia Menyesal Tinggalkan Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 17 Januari 2024
Eks Wonderkid dari Kroasia Menyesal Tinggalkan Barcelona
Alen Halilovic (Twitter)

BolaSkor.com - Fans Barcelona akan mengingat nama Alen Halilovic, mantan produk La Masia yang pernah jadi buah bibir di Eropa dan disebut Lionel Messi dari Kroasia. Halilovic berkaki kidal dan memiliki gaya main sepertinya.

Bahkan, fans sepak bola Indonesia juga mengingat betul saat Timnas Indonesia U-19 yang berisikan Evan Dimas dkk bertemu tim muda Barcelona, yang diperkuat Halilovic, pada 2014 silam.

Nama yang sudah lama tak didengar itu masih aktif bermain sepak bola saat ini, pada usia 27 tahun. Halilovic bermain untuk klub Belanda, Fortuna Sittard, setelah sempat melanglang buana di Eropa.

Pasca Barcelona melepasnya pada 2016, Halilovic sempat membela Hamburg, Las Palmas, AC Milan, Standard Liege, Heerenveen, Birmingham City, Reading, dan Rijeka sebelum ke Fortuna Sittard.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Madrid Juara Usai Bungkam Barcelona, Milan Kalahkan Roma

Barcelona Dipermalukan di El Clasico, Posisi Xavi Hernandez Masih Aman

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Barcelona Juga Tak Bisa Belanja Pemain

Berbicara kepada The Athletic, Halilovic menuturkan perjalanannya dalam karier sepak bola. Satu hal yang menjadi penyesalannya adalah pergi meninggalkan Barcelona, meski faktanya ia tahu kesulitan bersaing di sana.

“Tottenham (Hotspur) ingin membeli saya tetapi Barcelona mendukung gaya saya. Itu tentang penguasaan bola dan bola di kaki Anda. Tahun pertama saya bermain melawan Barca B, lalu mereka meminjamkan saya ke LaLiga dan di tahun ketiga mereka akan memutuskannya," terang Halilovic.

"Dua tahun pertama sempurna di Barca, tetapi saya memperkirakan akan mendapat peluang di tim utama pada tahun ketiga. Kemudian saya menyadari Luis Enrique tidak melihat saya di sana."

"Saya seharusnya bertahan satu tahun lagi karena saya melakukannya dengan sangat baik. Saya berharap untuk pergi ke Piala Eropa bersama tim nasional tetapi tidak terpilih dan Barca memutuskan saya harus dipinjamkan lagi."

"Jadi saya sedikit frustrasi dengan segalanya. Saya tidak ingin keluar lagi, jadi saya berkata 'Persetan, saya pergi dari sini'."

Penyesalan itu terjadi lantaran ketidaksabaran Halilovic untuk banyak bermain dan menanti kesempatan di Barcelona.

"Ketika Anda masih muda, Anda berpikir Anda tidak punya waktu dan saya harus mengungguli (Andres) Iniesta dan Xavi (di Barca). Melihat sekarang, saya hanya perlu bersabar. Berlatih dan bersabar. Itu (kesempatan bermain) akan datang," tambah Halilovic.

"Saya belajar banyak meski hanya berlatih dengan tim utama dan bermain dengan (Lionel) Messi, yang merupakan idola saya."

"Dia bukan dari dunia ini jadi saya mengharapkannya, tapi (Sergio) Busquets benar-benar mengejutkan saya. Dia adalah pemain terbaik yang pernah berlatih bersama saya."

Kendati tak bermain di liga top Eropa dan namanya tenggelam, Halilovic tidak patah arang mengingat usianya ada pada umur yang produktif.

"Saya berusia 27 tahun, jadi saya punya 10 tahun lebih untuk berkarier dan saya termotivasi untuk menunjukkan saya bisa bermain di level tinggi," tegas Halilovic.

Alen Halilovic Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.328

Bagikan