Eks Pengurus BTN dan Legenda Timnas Sebut JIS Sudah Standar FIFA

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 15 Juli 2023
Eks Pengurus BTN dan Legenda Timnas Sebut JIS Sudah Standar FIFA
Para legenda timnas melakukan fun games di lapangan latihan JIS, Sabtu (15/7). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Mantan pengurus Badan Tim Nasional (BTN) Habil Marati mengomentari polemik Jakarta Internasional Stadium atau JIS. Menurutnya, JIS sudah sesuai dengan standar FIFA.

Habil bahkan turut mengajak para legenda Timnas Indonesia seperti Robby Darwis, Elly Idris, sampai Muhammad Zein Al Hadad untuk bermain bola bersama di Lapangan Latihan JIS pada Sabtu (15/7) sore.

"Sore hari ini adalah pertandingan mantan-mantan pemain Timnas yang sudah punya nama besar, malang-melintang dari Stadion ke Stadion, ada Robi Darwis, Nuralim, Dede Iskandar, Yusuf Bachtiar, Alhadad, ini mewakili generasi Timnas Indonesia,” kata Habil.

"Ini mereka yang memiliki hak yang bisa menilai apakah Stadion ini sesuai dengan FIFA, karena mereka berpengalaman jadi berhentilah orang yang tidak berkecimpung di ba mengomentari rumput dan stadion."

"Stadion ini sudah memenuhi kriteria, FIFA sendiri memiliki kriteria yang namanya SAPCA: Sport And Play Construction Association, dari segi rumput di pasal 2.2 dan 2.3 ada rumput alam, rumput hybrid dan karpet. Rumput ada dua kriteria lagi, rumput musim dingin ada di Atlanta, rumput panas ada di Boyolali,” ucapnya.

Habil Marati sedang memberikan keterangan kepada awak media. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 itu juga menegaskan bahwa JIS dibangun berdasarkan code of SAPCA. Lapangan ini juga dibuat multifungsi, bisa untuk konser. JIS juga disebut kualitasnya sama dengan stadion-stadion ternama lainnya yang juga turut didesain oleh Buro Happold.

"Ini sama dengan FIFA Stadium yang ada di Dublin dan Stadion Education City Stadium yang ada di Doha. Sama-sama bangunannya tahun 2019, sama-sama didesain oleh Buro Happold, jadi Buro Happold sudah mempunyai kualifikasi dari FIFA. Jadi setiap Stadion yang dibangn Buro Happold sudah standar FIFA,” terangnya.

Untuk itu, Habil meminta polemik soal JIS dihentikan. JIS menjadi salah satu stadion yang akan diajukan PSSI sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.

"Jadi ini saya minta agar dikotomi soal Stadion harus dihentikan, dan jangan salah di FIFA ada 5 kategori yang gunakan Standar FIFA, yang paling tinggi Piala Dunia harus semua dipenuhi, kemudian FIFA Matchday, ketiga Olimpiade, nah kasta kedua U-20 ini juga menggunakan standar FIFA tapi tidak seketat Piala Dunia (senior) dan U-17, ini tidak terlalu memperhatikan kualifikasi standar FIFA. Stadion ini harus jadi kebanggaan rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Pssi Jakarta International Stadium Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.320

Bagikan