Eks Pemain Persipura Bio Paulin, Anak Jendral Bintang Tiga yang Jadi Caleg DPRD 2024

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 11 Februari 2024
Eks Pemain Persipura Bio Paulin, Anak Jendral Bintang Tiga yang Jadi Caleg DPRD 2024
Bio Paulin. (Istimewa)

BolaSkor.com - Mantan pemain Persipura Jayapura, Bio Paulin, akhir-akhir ini menjadi perbincangan publik sepak bola Indonesia. Pemain naturalisasi asal Kamerun itu resmi maju dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini.

Bio Paulin maju sebagai calon legislatif (caleg) untuk DPRD Jayapura Daerah Pemilihan (Dapil) 4 untuk wilayah Abepura. Ia maju melalui Partai Gerindra.

Pria berusia 39 tahun itu memang sangat populer di Papua. Maklum saja, ia menjadi salah satu pemain yang bersinar membawa Persipura Jayapura menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2008/2009, 2010/2011, dan 2013.

Baca Juga:

Sandy Walsh Antusias Pilih Presiden hingga Legislatif untuk Pertama Kalinya

Maarten Paes Dikabarkan Terkendala Aturan FIFA, PSSI Lakukan Langkah Jitu

Bio Paulin. (PSSI)

Naturalisasi

Bio Paulin resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2015, saat masih membela Persipura Jayapura. Kariernya memang melesat di Persipura, namun Bio Paulin hanya beberapa kali saja membela Timnas Indonesia.

Datang ke Indonesia pada 2006, Bio Paulin pertama membela Mitra Kukar. Lalu membela Persipura Jayapura sampai 2017, sebelum pindah ke Sriwijaya FC.

Lalu ia meneruskan karier di PSGC Ciamis pada tahun 2019, sebelum menyatakan pensiun setahun kemudian. Kini, ia aktif menjadi pelatih. Ia pernah membela Toli FC pada 2021, sebelum akhirnya menjadi asisten pelatih Persipur pada 2022/2023.

Anak Jenderal Bintang Tiga

Bio Paulin lahir di Nanga Eboko, Kamerun, pada 15 April 1984. Ia lahir dari keluarga pejabat terpandang di Kamerun. Ternyata sang ayah merupakan jenderal bintang tiga di Kamerun.

"Bapak saya dulu tentara di Kamerun, tapi ia bertugas di Prancis," kata Bio Paulin, dikutip dari kanal Sport77 Official.

"Ia adalah komandan pasukan dari Kamerun yang ke Prancis untuk mengajari bagaimana mereka harus berperang," sambungnya.

Bio Paulin Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.736

Bagikan