Egy Maulana Vikri Terancam Tak Bisa Main di Piala AFF 2020

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 16 Desember 2021
Egy Maulana Vikri Terancam Tak Bisa Main di Piala AFF 2020
Egy Maulana Vikri saat memperkuat Timnas Indonesia U-23 di laga play off Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan di Thailand. (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain FK Senica, Egy Maulana Vikri, terancam gagal tampil di Piala AFF 2020. Penyerang sayap Timnas Indonesia tersebut terkendala dokumen penunjang untuk masuk ke Singapura.

Dokumen penunjang yang dimaksud adalah surat izin masuk Singapura yang dikeluarkan Ministry of Trade and Industry (MTI) atau Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura.

Sebagai informasi, setiap pemain atau ofisial dari tim peserta Piala AFF 2020 perlu izin dari MTI supaya bisa masuk ke Singapura tanpa harus melalui karantina. Pemerintah Singapura memang kembali memperketat masuknya warga asing ke negaranya karena munculnya varian baru dari COVID-19, yaitu Omicron.

Nah, Egy sebetulnya sudah mengantongi surat izin dari MTI untuk memasuki Singapura. Namun, surat tersebut kabarnya kedaluwarsa pada 12 atau 13 Desember lalu, sesuai tiket penerbangan Egy ke Singapura.

Sementara itu, Egy sampai saat ini belum juga bergabung dengan Timnas Indonesia di Singapura karena masih dibutuhkan klubnya, FK Senica. Kedaluwarsanya izin MTI untuk Egy dibenarkan oleh PSSI.

"Iya, ini kami sedang konfirmasi ke (Pemerintah) Singapura," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, kepada BolaSkor.com, Kamis (16/12) siang WIB.

Baca Juga:

Egy Maulana Vikri Gagal Tampil di Piala AFF? Ini Kata Ketum PSSI

Jelang Hadapi Timnas, Pelatih Malaysia Takut Provokasi Media Indonesia

Lalu, apakah PSSI atau Pemerintah Indonesia bisa mengajukan izin baru kepada MTI untuk Egy, Yunus Nusi tidak menjawab. BolaSkor.com lantas mengonfirmasi hal tersebut kepada Pelaksana Fungsi Pesosbud (Penerangan, Sosial, dan Budaya) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, Gayatri Marisca.

"Untuk bisa atau tidaknya, kami tidak bisa menjawab karena memang itu sepenuhnya kewenangan Pemerintah Singapura," ujar Gayatri saat dihubungi BolaSkor.com.

"Dari KBRI kami bisa membantu memantau hal tersebut jika memang PSSI memutuskan untuk berkomunikasi dengan pemerintah Singapura. Namun berdasarkan pengamatan kami, ada pemain Vietnam yang juga tidak dapat bergabung dengan timnya dikarenakan telah lewat dari periode masuk yang diberikan pemerintah Singapura," ujarnya menambahkan.

Ya, pemain Vietnam yang dimaksud adalah Do Hung Dung. Ia tidak bisa masuk Singapura karena MTI-nya lewat batas kedatangan. Gelandang Vietnam ini tidak ikut rombongan Tim, karena baru menjalani pemulihan cedera.

Persoalan ini membuat peluang Egy untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 semakin tipis. Padahal sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap Egy sudah bisa bergabung sebelum laga pamungkas Tim Merah-Putih di Grup B kontra Malaysia, Minggu (19/12) malam WIB.

"Kami terus berusaha untuk (mendatangkan) Egy, ya. Karena kita juga butuh Egy. Satu-dua hari ini kami terus berkomunikasi supaya Egy bisa hadir lawan Malaysia nanti," kata Iriawan kepada awak media usai menyaksikan uji coba kehadiran penonton pada kompetisi Liga 2 di Stadion Pakansari, Bogor.

Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri PSSI Mochamad Iriawan Yunus Nusi Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.002

Bagikan