Dubes Indonesia untuk Yunani Temui Ketum PSSI, Sampaikan Cyrus Margono Siap Jadi WNI

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 02 Maret 2022
Dubes Indonesia untuk Yunani Temui Ketum PSSI, Sampaikan Cyrus Margono Siap Jadi WNI
Cyrus Margono. (Istimewa)

BolaSkor.com - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Yunani, A.K. Nugraha Djundjunan menemui Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Jakarta, Rabu (2/3). Dalam pertemuan tersebut hadir pula Sekjen PSSI Yunus Nusi, Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Dalam kunjungan kali ini, Dubes Bebeb meberitahukan pemain keturunan Indonesia-Amerika Serikat, Cyrus Ashkon Margono, siap membela Timnas Indonesia. Kiper klub Panathinaikos B ini siap dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

‘’Pemain ini berkeinginan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Umurnya masih 20 tahun dan kini bermain di klub Panathinaikos B. Posisinya adalah kiper,’’ kata Dubes Bebeb, dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:

Exco PSSI Sebut Emil Audero Tidak Pernah Berkata Tolak Bela Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Prioritaskan Emil Audero untuk Dinaturalisasi, Jordy Wehrmann Cadangan

Gayung bersambut, PSSI pun antusias. Sebab, pemain kelahiran 9 November 2001 dengan tinggi 190 cm ini memiliki prospek yang bagus jika bisa bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 maupun Senior.

‘’Saya berterima kasih atas masukan dari Duta Besar Indonesia untuk Yunani ini. Kami akan pelajari dulu terkait administrasinya dan lain-lain. Tetapi, ini masukan yang bagus bagi PSSI,’’ ujar Iriawan.

PSSI
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Yunani, A.K. Nugraha Djundjunan bertemu Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (PSSI)

Profil Cyrus Margono

Cyrus Margono lahir pada 9 November 2001. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah bernama Johan. Sedangkan, ibunya yang bernama Sepedeeh berasal dari Iran.

Meski begitu, Cyrus Margono lahir di New York, Amerika Serikat. Ia memiliki dua kewarnegaraan, Indonesia dan Amerika Serikat. Namun menurut Transfermarkt, Cyrus Margono belum pernah membela tim nasional Amerika Serikat di beberapa level junior hingga senior.

Cyrus Margono pernah mengecap pendidikan di akademi Inter Milan, Amerika Serikat pada tahun 2015. Saat itu, ia ikut pelatihan selama dua minggu.

Cyrus Margono baru memulai karier profesionalnya pada tahun 2020. Ia memperkuat klub kampusnya Universitas Kentucky, UK Wildcats. Ini setelah ia membela klub sepak bola dari Universitas Denver pada tahun 2019.

Bakatnya di UK Wildcats dilihat Panathinaikos. Klub berjuluk Prasinoi ini akkhirnya merekrut Cyrus Margono pada Agustus 2001 dengan durasi kontrak tiga tahun. Meski begitu, ia membela Panathinaikos B yang berkompetisi di Super League B.

Jika ingin dinaturalisasi, Cyrus Margono hanya tinggal meninggalkan status warga negara Amerika Serikat. Hal ini sama seperti Elkan Baggott yang menanggalkan status warga negara Inggris, dan memilih Indonesia.

Cyrus Margono Timnas Indonesia Pssi Mochamad Iriawan Panathinaikos
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.190

Bagikan