Dua Pabrikan Eropa Ikut Tolak Peraturan Baru Dorna Sport

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 20 Januari 2023
Dua Pabrikan Eropa Ikut Tolak Peraturan Baru Dorna Sport

BolaSkor.com – Keputusan baru yang dikeluarkan Dorna Sport turut menyita perhatian beberapa tim besar. Dikabarkan Aprilia dan Ducati tidak setuju dengan peraturan tersebut.

Sebelumnya Dorna sempat membuat peraturan baru yang cukup kontroversial. Untuk pertama kalinya mereka melarang kehadiran jurnalis di tes pramusim. Tersebar kabar peraturan ini muncul akibat desakan dari beberapa tim. Ditakutkan jurnalis membocorkan teknologi baru yang terpasang di motor versi 2023.

Namun keputusan ini mendapat penolakan dari KTM. Tim asal Austria ini justru menilai alasan tersebut hanya dibuat-buat. Mereka dengan tegas menentang peraturan baru tersebut.

Tampaknya KTM bukan satu-satunya tim yang kecewa dengan peraturan baru Dorna Sport. Dua pabrikan Eropa lainnya, Aprilia dan Ducati turut pasang badan membela jurnalis.

“Kami hidup dengan transparansi. Kami butuh sponsor untuk mendukung investasi, karena kami tidak bisa selalu mengeluh ke pada perusahaan induk. Agar bisa transparan, jelas kami butuh media,” tutur Massimo Rivola, selalu CEO Aprilia Racing, dikutip dari gpone.com.

“Espionase memang akan selalu ada. Terkadang jurnalis juga dapat membicarakan hal ini. Jelas semua tim harus melindungi asetnya. Di formula 1, penggunaan label pembatas di larang, dan di MotoGP Anda dilarang menutup pintu di pit box. Jadi kami harus terbuka, menghormati kerjaan konstruktor,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Manager Ducati, Davide Tardozzi. Menurutnya jurnalis memiliki hak untuk hadir melakukan peliputan di tes pramusim.

“Kemarin saya mendengar siapa yang bertanggung jawab dan saya katakan hal tersebut terdengar tidak benar. Tanpa rasa ragu, jurnalis harus hadir di paddock,” ucap Davide.

“Mereka tidak menginformasikan (peraturan ini) kepada kita sama sekali. Saya tidak tahu apakah seseorang membuat permintaan ini, tetapi saya katakan tidak ada seorang pun yang memberitahu Ducati. Tidak ada investigasi yang dilakukan, ini membuat saya berpikir ada permintaan seseorang yang dikabulkan,” tandasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Dorna
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan