Dominasi FP2 MotoGP Argentina, Aleix Espargaro Justru Khawatir

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 01 April 2023
Dominasi FP2 MotoGP Argentina, Aleix Espargaro Justru Khawatir
Aleix Espargaro (twitter/AleixEspargaro)

BolaSkor.com – Keberhasilan Aleix Espargaro mencetak waktu tercepat di sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Argentina belum bisa membuatnya bernapas lega. Sebaliknya pembalap Aprilia ini justru merasa ragu.

Espargaro berhasil membuat kejutan di FP2 MotoGP Argentina. Pembalap berumur 33 tahun itu mampu membuktikan levelnya dengan menjadi pembalap tercepat.

Tercatat pembalap asal Spanyol itu berhasil membukukan catatan waktu 1 menit 38.518 detik. Diikuti oleh rekan satu timnya, Maverick Vinales di tempat kedua dengan catatan waktu 1 menit 38.680 detik.

Namun alih-alih senang, Espargaro justru mengungkapkan kekhawatirannya. Pasalnya Espargaro menemukan banyak kejanggalan pada grip motornya.
“Saya tidak bisa (kompetitif) dengan cara terbaik. Saya tidak mengerti dan tidak tahu. Jujur, motornya terasa tidak enak di sini. Motor kami sedikit lebih buruk dibandingkan yang lain. Saat di Partimao, saya justru merasa sepuluh kali lebih baik. Kami memiliki grip di sana dan dapat menikung dengan lancar,” tutur Espargaro, dikutip dari speedweek.com.

“Namun di sini, setiap waktu seperti melaju di atas es. Kamu terus tergelincir. Ini gila! Lihat saja di televisi, motor yang lain bahkan meninggalkan kesan lebih buruk,” tambahnya.

Hal ini dibuktikan saat Espargaro membatalkan niatnya untuk memperbaiki catatan waktunya di latihan bebas sesi pertama. Saat itu ujung tombak Aprilia ini terpaksa kembali ke Paddock karena bannya tidak memiliki grip yang cukup.

“Tingkatan grip di sini sangat rendah. Saya sempat mengalami masalah sebelumnya selama time attack pertama di FP1. Saya langsung membatalkannya dan kembali ke paddock. Di sana saya berkata kepada tim, ini sangat gila, saya tidak bisa melaju cepat di bawah 1 menit 39 detik dengan ban baru tipe lunak,” ungkap Espargaro.

“Tahun lalu padahal saya bisa melahap tujuh lap dalam waktu 1 menit 38 detik di sesi pemanasan dengan ban bekas. Saat ini saya harus mengambil resiko banyak dengan ban lunak kedua di bagian belakang saat FP2 agar bisa melaju di bawah 1 menit 39 detik,” tandasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Aleix Espargaro
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan