Ditekuk Borussia Dortmund, AC Milan Masih Punya Peluang Lolos Fase Grup

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 29 November 2023
Ditekuk Borussia Dortmund, AC Milan Masih Punya Peluang Lolos Fase Grup
AC Milan kalah di kandang lawan Borussia Dortmund (Twitter)

BolaSkor.com - Dua kali kalah, dua kali imbang, dan sekali menang, AC Milan faktanya masih punya peluang untuk lolos ke fase gugur Liga Champions musim ini. Peluangnya tidak besar, tetapi kans itu ada usai dibantai Borussia Dortmund di San Siro.

Pada laga kelima grup F, Rabu (29/11) dini hari WIB, Milan kalah 1-3 melawan Dortmund dari gol Marco Reus (10' penalti), Jamie Bynoe-Gittens (59'), dan Karim Adeyemi (69') yang diperkecil Samuel Chukwueze (37').

Milan punya 54 persen penguasaan bola tetapi tak efisien dalam mengonversi peluang menjadi gol, dengan satu gol dari total 17 percobaan tendangan (empat tepat sasaran).

Kekalahan itu menempatkan Milan di dasar klasemen grup F dengan lima poin di bawah Dortmund (10 poin), PSG (tujuh poin), dan Newcastle United (lima poin). Wajar apabila fans marah kepada tim karena membuang peluang untuk meraih poin dan menjaga asa lolos.

Baca Juga:

Manchester City 1-1 Liverpool: Akhir Catatan 23 Kemenangan Beruntun The Citizens

Hasil Liga Champions: AC Milan Dibantai di San Siro, Barcelona Lolos Ke-16 Besar

Daripada Gabung Manchester United, Joao Neves Lebih Baik Menuju Manchester City

"Sulit untuk menemukan kata-kata yang tepat saat ini. Saya juga tidak berpikir para penggemar membutuhkan pesan. Mereka berhak marah dan kecewa, sedangkan kami punya kewajiban untuk berbuat lebih baik, karena ini bukan performa yang kami inginkan," tutur Stefano Pioli, dilansir dari Football-Italia.

"Yang bisa kami lakukan hanyalah menang di Newcastle dan kemudian hal itu tidak lagi ada di tangan kami. Jadi kami akan mencoba melakukan apa yang kami bisa dan harapkan."

Syarat untuk Milan bisa lolos ke fase gugur

Seperti yang dituturkan Pioli, lalu melihat perolehan poin tersebut, Milan harus menang ketika melawan Newcastle di St James' Park, pada 14 Desember 2023 pukul 03.00 dini hari WIB.

Kemenangan pun tidak menjamin Milan lolos, sebab di laga lainnya Paris Saint-Germain (PSG) juga harus kalah melawan Dortmund di Signal Iduna Park agar Milan bisa lolos.

Jikalau pun dua atau lebih tim menyelesaikan fase grup dengan perolehan poin sama, maka catatan head to head akan jadi kriteria pertama untuk jadi pembeda, kemudian perbedaan gol pada catatan head to head dan kebobolan gol head to head juga diperhitungkan.

"Kami akan memberikan segalanya di Newcastle dan mencoba untuk menang, tapi menurut saya kami memiliki peluang 2-3 persen untuk lolos sekarang. Kami akan memberikan segalanya dan berharap hasil positif dari Dortmund," tambah gelandang Milan, Yacine Adli.

Pioli juga kecewa Milan kalah di San Siro dan kini kans untuk lolos tidak lagi dipengaruhi mereka, terutamanya bermain di markas Newcastle juga tidak mudah.

“Ini adalah malam yang mengecewakan bagi kami, kami tahu ini adalah peluang besar dan itu membebani kami. Sekarang adalah tugas kami untuk pergi ke Newcastle, memainkan pertandingan bagus dan mencoba untuk menang," imbuh Pioli.

"Ini masih Liga Champions, ini pertandingan terakhir grup dan peluang kami untuk lolos masih kecil," pungkasnya.

Milan AC Milan Liga Champions Dortmund Borussia Dortmund
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan