Liga 1 2023/2024

Dirut LIB Beri Update soal VAR di Liga 1, Singgung Kesiapan Wasit dan Replay Operator

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 25 Januari 2024
Dirut LIB Beri Update soal VAR di Liga 1, Singgung Kesiapan Wasit dan Replay Operator
Pelatihan VAR untuk Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus, membeberkan kabar terbaru terkait persiapan penerapan Video Assistant Referee atau VAR dalam lanjutan Liga 1 2023/2024.

Ferry mengatakan dari segi persiapan, saat ini memasuki finalisasi. Namun, untuk alat, kata Ferry, sudah tidak ada masalah.

"Kalau dari segi infrastruktur itu kita tinggal membutuhkan dua sampai tiga minggu lagi karena ada sebagian, bukan kendala, ada sebagian modifikasi yang kita lakukan," kata Ferry Paulus di Jakarta, Kamis (25/1).

Modifikasi yang dimaksud Ferry adalah menyediakan kendaraan tipe van yang akan digunakan sebagai ruangan VAR. Kendaraan ini disiapkan karena beberapa stadion sedang direnovasi, misalnya markas Persita Tangerang dan Dewa United FC, yakni Indomilk Arena.

"VAR Room ini kan ada dua tipenya, VAR room yang di stadion, untuk saat ini karena ada beberapa stadion yang direnovasi, hanya ada lima stadion yang bisa permanen di situ. Selebihnya kita sudah menyiapkan apa yang namanya mobil VAN, itu yang akan jadi mobile VAR room, artinya itu tidak melekat di stadion, itu menjadi pemilik stadion itu sendiri, karena katakan Persita, (stadionnya) sedang direnovasi, dia akan migrasi ke stadion lain."

"Nah stadion-stadion itulah yang akan ada van atau kendaraan-kendaraan yang mobile untuk bisa dipasang VAR Room, sementara kalau untuk (peletakan) kamera dan lain-lain itu semua sudah standar. Itu kan memang ada di dalam tv broadcast. Februari ini kita (dari PT LIB) harusnya sudah oke," tutur Ferry Paulus.

Baca Juga:

Usai Bantai Klub Liga 3, Persija Agendakan Uji Coba Kontra Persita

Petik Pelajaran di Piala Asia 2023, Rafael Struick Merasa Terhormat Bertemu Jepang

Setelah memastikan ketersediaan alat dan kesiapan infrastruktur stadion, tahap berikutnya adalah kesiapan dari sumber daya manusia atau SDM, dalam hal ini adalah wasit dan replay operator (RO). Pada 3 sampai 19 Januari yang lalu, sudah digelar pelatihan lanjutan fase ketiga tahap 2.2 yang diikuti oleh 35 wasit dan 16 RO.

"Ini bukan di ranah kita, tapi kita sama-sama support dan Liga (PT LIB) berkeyakinan segala sesuatunya akan selesai. Jadi dua tahap tuh, fase di mana yang LIB punya itu semuanya clear, on the track. Tinggal di ujung, nih. Banyak kendala-kendala di negara-negara (baru) yang akan melaksanakan VAR dari SDM dan wasitnya," ucap Ferry.

Ferry mengatakan dirinya belum mendapatkan laporan terbaru dari PSSI terkait pelatihan terbaru para wasit dan RO. Namun, dari beberapa tes yang sudah dilakukan dan dievaluasi, kesiapannya di bawah 70 persen.

"Dari sekian banyak yang dites, dievaluasi, itu baru 50 sampai 60 persen. Jumlah itu apakah memadai atau enggak, saya sendiri belum dapat update dari PSSI," ujar mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut.

Karena itu, Ferry belum bisa memastikan di pekan berapa VAR akan mulai dioperasikan. Namun, kalau menurut timeline yang disiapkan, Ferry berharap Februari nanti sudah bisa dimulai. Selama bulan Februari, PT LIB akan memutar pertandingan pekan 24 sampai 26.

"Ya harus serentak, nanti konflik dong kalau enggak serentak. Harus serentak, harus semuanya bersama-sama menggunakan VAR, nanti ada ketidak-happy-an," tegas Ferry.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB VAR Ferry paulus Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan