Dipermalukan Turki, Pelatih Timnas Belanda Enggan Panik

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 25 Maret 2021
Dipermalukan Turki, Pelatih Timnas Belanda Enggan Panik
Turki vs Belanda (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Belanda mengawali kiprahnya di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan buruk saat bertandang ke markas Turki. Namun hal itu tak membuat panik sang pelatih, Frank de Boer.

Dalam laga perdana grup G yang berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Kamis (25/3) dini hari WIB, Belanda takluk dengan skor 2-4. Bayang-bayang kegagalan lolos ke putaran final seperti pada edisi sebelumnya mulai menghantui Der Oranje.

Turki membobol gawang Belanda sebanyak dua kali pada babak pertama. Sepasang gol tersebut dicetak Burak Yilmaz pada menit ke-15 dan 34.

Baca Juga:

Timnas Belanda Masih Tunggu Van Dijk untuk Piala Eropa 2020

Hasil Pertandingan: Belanda Menanggung Malu, Prancis Gagal Menang

Harap Maklum jika Belanda Tampil Angin-anginan

Pelatih timnas Belanda, Frank de Boer

Usai turun minum, Turki langsung tancap gas. Hakan Calhanoglu membawa tuan rumah unggul tiga gol tanpa balas lewat sepakan jarak jauh yang akurat.

Belanda sempat bangkit dengan mencetak dua gol balasan melalui aksi Davy Klaassen dan Luuk de Jong hanya dalam tempo dua menit.

Namun gol Yilmaz pada menit ke-81 mengubur asa Belanda untuk melakukan comeback. Penyerang Lille itu juga sekaligus mencatatkan hat-trick di pertandingan ini.

Hasil ini memang cukup mengejutkan. Namun De Boer yakin Belanda mampu bangkit pada pertandingan-pertandingan selanjutnya.

"Kami pikir ini mengerikan, tetapi kami tidak harus berdiri di sini dengan air mata, kan? Ini adalah yang pertama dari sepuluh laga dan penting untuk tidak menyia-nyiakan poin lagi," kata De Boer di situs resmi KNVB.

"Tentu saja ini Adalah pukulan telak, tapi kita semua tahu seberapa cepat hal-hal bisa berjalan di sepak bola. Kita bisa membalikkan keadaan ini dimulai akhir pekan nanti melawan Latvia dan Gibraltar."

Rekor buruk De Boer

De Boer ditunjuk menangani timnas Belanda sejak akhir September 2020. Ia menggantikan Ronald Koeman yang dipinang Barcelona.

Sejauh ini, De Boer sudah tujuh kali memimpin Belanda berlaga. Hasilnya, Memphis Depay dan kawan-kawan mencatatkan dua kemenangan, dua kekalahan, dan tiga kali imbang.

Hasil tersebut menunjukkan De Boer masih mencari bentuk terbaik dari tim asuhannya. Hal ini bisa mengancam peluang Belanda untuk melaju jauh di ajang Piala Eropa 2020, Juni mendatang.

Timnas Belanda Frank de boer Kualifikasi Piala Dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan