Dipecat AS Roma, Akumulasi Pesangon Jose Mourinho Mencapai Rp1,6 Triliun

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Januari 2024
Dipecat AS Roma, Akumulasi Pesangon Jose Mourinho Mencapai Rp1,6 Triliun
Jose Mourinho (Twitter)

BolaSkor.com - Jose Mourinho dan siklus yang terus terulang. Stigma itu tidak lepas dari pelatih yang pernah menyebut dirinya The Special One tersebut. Saat ini, Mourinho kembali menganggur usai dipecat AS Roma.

Inkonsistensi performa serta kekalahan telak 1-3 dari laga teranyar melawan AC Milan, setelah sebelumnya disingkirkan Lazio di Coppa Italia, sudah cukup alasan bagi manajemen Il Giallorossi untuk memecat Mourinho.

Kendati mempersembahkan trofi UEFA Conference League, manajemen Roma memutuskan mengakhiri kerja sama dengan Mourinho dengan alasan klub butuh perubahan.

Baca Juga:

Siklus Berlanjut, Jose Mourinho Dipecat AS Roma

Enam Kali Bertemu, Jose Mourinho Tak Pernah Menang Melawan Stefano Pioli

Ketika Pemilik Klub Serie A Asal Amerika Mengambil Keputusan Seenak Jidat

"Kami akan selalu memiliki kenangan indah tentang masa jabatannya di Roma, tapi kami yakin perubahan cepat dibutuhkan demi kepentingan terbaik klub," demikian pernyataan dari AS Roma.

"AS Roma dapat mengonfirmasi bahwa Jose Mourinho dan staf kepelatihannya akan segera meninggalkan klub."

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya di klub,” imbuh Dan dan Ryan Friedkin, mewakili pemilik Roma.

"Kami mendoakan yang terbaik bagi Jose dan asistennya dalam upaya mereka di masa depan. Pembaruan lebih lanjut mengenai staf pelatih tim utama yang baru akan segera menyusul."

Pesangon Jose Mourinho

Pemecatan itu melanjutkan siklus karier 'singkat' Mourinho bersama klub-klub yang pernah dilatihnya. Minus Real Madrid dan Roma yang dilatihnya selama tiga tahun, Mourinho tidak lebih dari dua musim membesut Chelsea (periode kedua), Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Dengan memecat Mourinho sebelum kontraknya habis, itu mengartikan klub wajib memberinya pesangon. Roma dikabarkan oleh Megadice memberi pesangon 3,7 juta poundsterling kepadanya.

Apa yang menarik jika diakumulasikan dari klub-klub sebelumnya, pesangon Mourinho mencapai 82 juta poundsterling atau setara Rp1,6 triliun.

Detailnya, ketia dipecat Chelsea pada 2007 Mourinho menerima 18 juta poundsterling, lalu sebesar 12,5 juta poundsterling pada periode dua (2015).

Man United juga membayarnya sebesar 15 juta poundsterling kala memecatnya pada 2018, sedangkan Tottenham memberinya pesangon sebesar 16 juta poundsterling pada 2021. Pun demikian Madrid ketika ia pergi pada 2013 dengan memberikan 17 juta poundsterling.

Dengan dana pesangon mencapai Rp1,6 triliun, Jose Mourinho seyogyanya tak perlu buru-buru mencari pekerjaan baru, meski ia santer dikaitkan dengan banyak klub hingga timnas saat ini.

Mourinho Jose Mourinho Roma AS Roma
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan