Piala Asia 2023

Dilema Bintang Persija Ryo Matsumura di Antara Jepang dan Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 24 Januari 2024
Dilema Bintang Persija Ryo Matsumura di Antara Jepang dan Timnas Indonesia
Ryo Matsumura. (Media Persija)

BolaSkor.com - Situasi dilematis tengah dirasakan oleh pemain Persija Jakarta asal Jepang, Ryo Matsumura. Ini berkaitan dengan pertemuan antara Jepang dan Timnas Indonesia pada laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1) malam WIB.

Jepang dan Timnas Indonesia memperebutkan peringkat kedua atau runner-up untuk menemani Irak (Juara Grup D) ke babak 16 besar. Kedua tim sama-sama mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan.

Jepang menang 4-2 atas Vietnam, tapi kalah 1-2 dari Irak. Sedangkan, Indonesia dikalahkan Irak 1-3 dan mengalahkan Vietnam 1-0.

Hasil di atas untuk sementara ini menempatkan Jepang di peringkat dua dengan tiga poin. Indonesia (3) tepat satu posisi di bawah Jepang karena kalah selisih gol dari Samurai Biru.

Dengan demikian, Jepang hanya membutuhkan hasil imbang, sedangkan Indonesia harus menang. Tapi, Ryo Matsumura memprediksi negaranya, Jepang, bisa menang telak atas Tim Garuda malam nanti.

"Tentu saja saya menjagokan Jepang. Saya memprediksi Jepang akan menang dengan skor 3-0 untuk laga melawan Indonesia," kata Ryo, dikutip dari laman Persija.

Baca Juga:

Punya Memori Indah Melawan Jepang, Timnas Indonesia Berharap Tuah Shin Tae-yong

3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

"Pencetak golnya Minamino (Takumi), Ito (Junya), dan Kubo (Takefusa). Apalagi saya dengar Mitoma (Kaoru) sudah sembuh dari cedera. Jadi akan sedikit sulit untuk Indonesia," tambahnya.

Namun, di sisi lain, Ryo berharap laga malam nanti berakhir imbang. Menurutnya, itu situasi yang adil untuk kedua tim.

Jika laga berakhir imbang, Jepang tetap menempati peringkat dua, sementara Indonesia menjaga harapan lolos ke 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Saat ini Timnas Indonesia berada di ujung tanduk dalam perebutan satu tiket ke babak 16 besar lewat jalur empat tim peringkat tiga terbaik. Kemenangan Suriah atas India dan kekalahan Hongkong dari Palestina membuat Indonesia wajib minimal menahan imbang Jepang.

Jika menelan kekalahan dari Jepang, Skuad Garuda akan menggantungkan nasibnya kepada Bahrain (Grup E) dan Oman (Grup F). Oman harus kalah atau minimal imbang melawan Kirgistan, kemudian Bahrain harus kalah telak dari Yordania.

Sampai Rabu (24/1) pagi, baru dua tim yang mengunci tiket ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Tim tersebut adalah Palestina dan Suriah.

"Tapi situasi terbaiknya adalah laga berakhir imbang, karena akan menguntungkan untuk kedua negara," ujar eks pemain Persis Solo tersebut.

Timnas Indonesia Timnas Jepang Ryo Matsumura Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.502

Bagikan