Diikuti 11 Klub Liga 1, Nusantara Open 2023 Cetak Talenta Berbakat Tanah Air untuk Berguru ke Qatar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 11 Desember 2023
Diikuti 11 Klub Liga 1, Nusantara Open 2023 Cetak Talenta Berbakat Tanah Air untuk Berguru ke Qatar
Sesi konferensi pers Nusantara Open 2023. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

BolaSkor.com - Turnamen sepak bola muda Indonesia, Nusantara Open kembali digelar. Kali ini, Nusantara Open 2023 mengusung tema "Sepak Bola Adalah Pemersatu Bangsa".

Nusantara Open 2023 kali ini tetap diikuti 16 tim yang tergabung ke dalam 4 grup. Masing-masing grup dihuni 4 tim. Masih sama seperti tahun lalu, kategori umur yang dipertandingkan adalah U-17, dan memperebutkan Piala Prabowo.

Untuk edisi tahun ini, jumlah peserta dari akademi atau elite pro academy (EPA) klub Liga 1 bertambah, dari 6 menjadi 11 tim.

Baca Juga:

Pimpin Persib Vs Persik, Futoshi Nakamura Baru Dianugerahi Wasit Terbaik J League

Pesona Dalberto Belo saat Madura United Hancurkan Barito Putera

Sesi konferensi pers Nusantara Open 2023. (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

11 klub yang mengirim akademinya adalah juara bertahan Persib Bandung, PSIS Semarang, Arema FC, Bali United, Borneo FC, PSM Makassar, PSS Sleman, Persis Solo, RANS Nusantara FC, dan Bhayangkara FC. Ditambah lima Akademi, yakni Garudayaksa FA, PSLS Lhokseumawe, Bintang Timur Atambua, Malut Selection, dan ASIOP Apacinti.

Nusantara Open 2023 rencanya digelar di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cileungsi, Kabupaten Bogor, pada 14 sampai 21 Desember 2023.

Ketua Organizing Comitte, Fary Djemi Francis, mengatakan Nusantara Open 2023 digagas Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, dengan mengedepankan sepak bola sebagai pemersatu bangsa.

"Turnamen ini bekerja sama dengan PT LIB dan supporting total Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo," kata Fery Djemi Francis, dalam sesi konferensi pers, di Komplek Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Senin (11/12).

"Untuk pembukaan tanggal 14 (Desember) ini, laga pembuka antara juara bertahan Persib Bandung melawan RANS Nusantara. Direncanakan Ketua Dewan Pembina Garudayaksa, Pak Prabowo akan hadir. Dan juga sampai sekarang ini Pak Erick Thohir sebagai Ketum PSSI masih konfirmasi datang. Selain itu juga kita mengundang para legend dan juga para pemain-pemain bintang timnas yang akan hadir," tambahnya.

Dikirim ke Qatar

Sama seperti tahun lalu, ada beberapa talenta terbaik dari Nusantara Open 2023 yang akan dididik di Garudayaksa FA, dan dikirim ke Aspire Academy, Qatar untuk berguru. Seperti diketahui, Aspire Academy merupakan akademi yang memiliki sistem pembinaan terbaik di dunia.

Tahun lalu, sang juara Persib Bandung berguru ke Aspire Academy selama 3 minggu. Runner-up tahun lalu, PSLS Lhokseumawe, segera dikirim ke Aspire Academy, akhir Desember ini.

“Tahun ini kita akan talent scouting dengan 6 pelatih dan legenda-legenda sepak bola Indonesia. Hasil akan ada sekitar 22 pemain terbaik. Rencana akan dikirim ke Aspire Academy di Qatar buat ikut program elite dalam 3 minggu,” ujar Kepala Sekolah Garudayaksa Academy, Dusan Bogdanovic.

Berikut Pembagian Grup Nusantara Open 2023:

Grup A: Persib Bandung, RANS NUsantara FC, Arema FC, Borneo FC

Grup B: Garuda Yaksa Academy, PSS SLeman, Bali UNited, PSLS Lhoksmawe

Grup C: Persija Jakarta, Malut Selection, Bhayangkara FC, PSM Makassar

Grup D: Asiop, Persis Solo, PSIS Semarang, Bintang Timur Atambua

Breaking News Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.686

Bagikan