Timnas Indonesia

Digenjot Latihan oleh Shin Tae-yong, Klok: Kami Butuh Ini untuk Piala Asia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 24 Desember 2023
Digenjot Latihan oleh Shin Tae-yong, Klok: Kami Butuh Ini untuk Piala Asia
Marc Klok dan Shayne Pattynama berlatih di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek, Antalya, Turki. (PSSI)

BolaSkor.com - Skuad Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Turki, sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Memasuki hari ketiga TC, Sabtu (23/12), Timnas Indonesia berlatih di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek, Antalya, Turki.

Sesi latihan diikuti oleh 23 pemain, termasuk Shayne Pattynama dan Marselino Ferdinan. Kini tinggal lima pemain yang belum bergabung dalam TC, yakni Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Elkan Baggott (Ipswich Town), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21), Ivar Jenner (Jong Utrecht) dan Rafael Struick (Ado den Haag). Kelima pemain tersebut diminta bergabung paling lambat pada 1 Januari 2024.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama para asistennya terus menggenjot fisik serta skill para pemain. Marc Klok, gelandang senior Timnas Indonesia, mengakui sejauh ini latihan yang dijalani cukup berat.

"Tapi kami butuh ini untuk Piala Asia nanti," kata Klok, dikutip dari laman PSSI, Minggu (24/12).

Klok menjelaskan, untuk pekan pertama ini, pelatih Shin Tae-yong menugaskan pelatih fisik untuk meningkatkan kekuatan para pemain. Itu dilakukan supaya Klok dkk. dalam keadaan siap bertarung di Piala Asia nanti.

"Semuanya saya pikir beradaptasi dengan baik," ujar Klok.

Baca Juga:

Rizky Ridho: Semua Pemain Timnas Indonesia Harus Total di Piala Asia 2023

Libya Turut Libatkan Pemain Klub Jerman Hadapi Timnas Indonesia

Klok kemudian menjelaskan materi latihan yang diberikan oleh Shin Tae-yong. Para pemain berlatih satu sampai satu sampai tiga lawan tiga.

"Kita juga latihan lari (untuk) fisik, kita latihan lompat, semua fisik untuk satu sampai dua pekan ini supaya fisik terus naik sebelum mulai (ke latihan) taktik," ucap Klok.

Selain mempersiapkan fisik, satu hal krusial lain yang mesti dibangun adalah mental. Klok berharap supaya TC di Turki ini tidak hanya memperkuat fisik dan skill, tetapi juga membangun mental yang baik.

"Sangat penting buat saya dan tim semua untuk keluar dari zona nyaman," ujar pemain asal Persib Bandung tersebut.

Selain berlatih, di Turki ini Timnas Indonesia juga akan menggelar uji coba dengan Libya sebanyak dua kali sebelum tim bertolak ke Qatar. Laga melawan Libya itu akan digelar di Antalya pada 2 dan 5 Januari 2024.

Setelah itu, persiapan akan dilanjutkan di Qatar, termasuk melawan Iran pada uji coba terakhir 9 Januari 2024. Timnas Indonesia dijadwalkan memulai kiprahnya di Grup D Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024. Empat hari kemudian, atau pada 19 Januari, giliran Vietnam jadi lawan, sebelum bertemu Jepang pada laga pamungkas, Rabu (24/1).

Timnas Indonesia Tc timnas Marc Klok Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan