Piala Asia U-23 2024

Liga 1 Ditunda demi Timnas U-23, Shin Tae-yong Janji Ukir Prestasi di Piala Asia U-23 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 01 April 2024
Liga 1 Ditunda demi Timnas U-23, Shin Tae-yong Janji Ukir Prestasi di Piala Asia U-23 2024
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengapresiasi dukungan penuh PSSI dan klub-klub Liga 1 terhadap Skuad Garuda Muda yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2024 Qatar. Turnamen tersebut berlangsung mulai 15 April sampai 3 Mei mendatang.

Selain mengirim Timnas Indonesia U-23 ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), untuk melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) mulai Selasa (2/4), PSSI juga memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 2023/2024 yang seharusnya memasuki pekan 31 pada minggu ini.

Dengan ditundanya lanjutan Liga 1, Shin Tae-yong bisa membawa skuad terbaik yang berlaga di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut. Dari 27 pemain yang dipanggil, 22 di antaranya berasal dari tim-tim Liga 1.

Tercatat hanya lima nama yang berstatus pemain abroad, di antaranya Justin Hubner (Cerezo Osaka), Pratama Arhan (Suwon FC), Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze) dan Rafael Struick (Ado den Haag). Namun, untuk kelima pemain tersebut belum dapat dipastikan apakah bisa bergabung atau tidak, karena Piala Asia U-23 bukan turnamen resmi FIFA.

Karena itu, Shin Tae-yong merasa perlu mengapresiasi kebesaran hati klub-klub peserta Liga 1. Dia yakin bahwa keputusan menerima penundaan Liga 1 sangat tidak mudah.

"Dengan adanya dukungan (dari PSSI) dengan memberhentikan Liga 1, pak Ketua Umum (Erick Thohir) berpesan agar kita harus berprestasi lebih baik di Piala Asia U-23 ini," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

27 Pemain TC Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024

Demi Timnas Indonesia U-23, PSSI Benarkan Liga 1 Ditunda Mulai 1 April

"Jadi saya berterima kasih kepada pak Ketum Erick Thohir, owner-owner klub dan pelatih-pelatih klub Liga 1. Di tengah-tengah (berlangsungnya) liga memang sulit untuk klub melepas pemain," ujarnya menambahkan.

Shin Tae-yong pun merasa harus membalas kepercayaan PSSI dan pengorbanan klub-klub Liga 1 dengan prestasi di Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania, diharapkan bisa lolos sampai babak semifinal demi kans meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

"Begitu dilepas saya berpikir harus berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan sepak bola Indonesia lebih baik dari sekarang."

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pak Erick, PSSI, owner-owner klub, dan pelatih-pelatih Liga 1," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Berdasarkan jadwal, Qatar akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup A, Senin (15/4). Setelah itu Garuda Muda bertemu Australia (18/4) dan Yordania (21/4).

Timnas indonesia u-23 Shin Tae-yong Tc timnas Pssi Erick thohir Liga 1 Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.340

Bagikan