Piala Asia 2023

Diduga Terlibat Skandal, Junya Ito Dipulangkan Timnas Jepang dari Piala Asia 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 03 Februari 2024
Diduga Terlibat Skandal, Junya Ito Dipulangkan Timnas Jepang dari Piala Asia 2023
Junya Ito. (Instagram)

BolaSkor.com - Kiprah Junya Ito bersama timnas Jepang di Piala Asia 2023 harus berakhir lebih cepat. Pemain asal klub Ligue 1 Prancis, Reims, tersebut dipulangkan setelah terseret kasus dugaan pelecehan seksual.

Menurut laporan, peristiwa itu terjadi pada tahun lalu. Tepatnya setelah Jepang menghadapi Peru di Stadion Panasonic Suita pada 20 Juni 2023.

Salah satu media asal Jepang, Daily Shincho, yang pertama kali melaporkan peristiwa tersebut. Dalam laporannya, dua wanita yang sedang mabuk diduga jadi korban pelecehan yang dilakukan Junya Ito.

Asosiasi Sepak Bola Jepang atau JFA pun kemudian merilis pernyataan resmi. Dalam keterangannya, JFA masih berhati-hati dalam menanggapi kasus ini.

Namun, supaya tidak mengganggu konsentrasi skuad Jepang di Piala Asia 2023, maka diambil keputusan penting. Yakni, Junya Ito dipulangkan dari Qatar.

"Terkait beberapa pemberitaan mengenai Junya Ito, Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) memahami bahwa pihak-pihak terkait mempunyai klaim berbeda mengenai fakta yang diberitakan, dan diperlukan tanggapan yang hati-hati."

"JFA telah memutuskan bahwa Ito akan meninggalkan tim mulai hari ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada banyak orang yang mendukung Samurai Bitu dan Ito. Kami mohon maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran," tulis pernyataan JFA.

Baca Juga:

5 Alasan Shin Tae-yong Harus Out

Kartu Merah Aymen Hussein Sudah Tepat, AFC Berikan Penjelasan

Sementara itu, pengacara Junya Ito menyatakan bahwa kliennya tidak bersalah. Dia akan balik menuntut atas tuduhan tersebut.

Sedangkan, pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, memilih bersikap dengan bijak. Dia mengaku belum mengetahui secara menyeluruh terkait kasus yang menimpa anak asuhnya itu.

Hajime Moriyasu menurunkan Junya Ito sebagai starter di dua laga Grup D melawan Vietnam dan Jepang. Kemudian, saat menghadapi Timnas Indonesia, pemain 30 tahun tersebut tampil sebagai pemain pengganti.

Namun, di laga babak 16 besar melawan Bahrain, Junya Ito tidak dimainkan. Ia hanya menghangatkan bangku cadangan.

"Saya belum sepenuhnya mengetahui (tuduhan tersebut). Saya akan menanganinya setelah memeriksanya," kata Moriyasu.

Timnas Jepang sendiri berhasil melaju ke babak perempat final untuk menghadapi Iran. Laga itu akan digelar di Education City Stadium, Sabtu (3/2).

Timnas Jepang Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.044

Bagikan