Piala Asia 2023

Dibobol Vietnam Dua Kali, Jepang Belajar agar Tak Terulang Termasuk Kontra Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 14 Januari 2024
Dibobol Vietnam Dua Kali, Jepang Belajar agar Tak Terulang Termasuk Kontra Indonesia
Timnas Jepang menang 4-2 atas Vietnam. (Twitter JFA Samurai Blue)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu memetik pelajaran dari laga pertama Grup D Piala Asia 2023 kontra Vietnam. Pertandingan digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Minggu (14/1) dan dimenangi Jepang dengan skor 4-2.

Hajime Moriyasu memetik pelajaran setelah timnya kebobolan dua kali dalam laga tersebut. Dua gol Vietnam tercipta diawali servis bola mati.

Pada menit ke-16, Nguyen Dinh Bac mencetak gol dengan sundulan memaksimalkan sepak pojok Do Hung Dung. Golnya sekaligus membuat skor menjadi 1-1, mengingat Jepang mencetak gol lebih dahulu melalui Takumi Minamino pada menit 11.

Sementara itu, gol kedua Vietnam diawali tendangan bebas, di mana bola kemudian disundul. Kiper Jepang Zion Suzuki tak sempurna menahan bola sebelum diceploskan Pham Tuan Hai menit 33.

Baca Juga:

Bersaing dengan Jepang, Irak, Vietnam, STY Jamin Timnas Indonesia Tak Fokus Bertahan

Enggan Berpatokan Kemenangan 5-1 atas Timnas Indonesia, Pelatih Irak: Situasinya Berbeda

Jepang mencetak gol lagi melalui Takumi Minamino pada menit ke-45 untuk menyamakan kedudukan, sebelum unggul lewat gol Keito Nakamura menit ke-45+4. Adapun gol keempat Jepang ke gawang Vietnam dicetak oleh Ayase Ueda pada menit 85.

“Saya pikir pertandingan pertama ini, mengajari saya bahwa tidak ada pertandingan mudah di Piala Asia. Pada laga kualifikasi Piala Dunia (2022) Qatar melawan Vietnam, kami juga kebobolan lewat bola mati,” katanya dikutip dari DAZN.

Hajime Moriyasu khawatir skema bola mati menjadi senjata tim lain. Karena itu, ia akan melakukan antisipasi.

“Di Piala Asia setiap tim akan lebih mengupayakan bola mati. Saya kira begitu. Jadi kami harus melakukan penyesuaian agar bisa merespons dengan baik.”

Hajime Moriyasu turut mengapresiasi respons para pemain. “Kami mengalami beberapa kesulitan di laga pertama. Tentu saja kami harus berkaca dari kenyataan bahwa kami dipaksa untuk mengejar banyak hal, namun meski pertandingan tidak berjalan sesuai ideal kami, para pemain tetap tenang dan melakukan penyesuaian.”

Timnas Jepang selanjutnya menghadapi Irak pada 19 Januari. Adapun laga terakhir di Grup D yakni melawan Indonesia pada 24 Januari.

Jepang Vietnam Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan