Dibandingkan dengan Steven Gerrard, Trent Alexander-Arnold Harus Lebih Sering Bermain di Tengah

Arief HadiArief Hadi - Senin, 08 Januari 2024
Dibandingkan dengan Steven Gerrard, Trent Alexander-Arnold Harus Lebih Sering Bermain di Tengah
Trent Alexander-Arnold (Twitter)

BolaSkor.com - Transformasi peran yang dilakukan Jurgen Klopp kepada Trent Alexander-Arnold berjalan dengan baik. Kendati sering dimainkan sebagai bek kanan, pergerakan Alexander-Arnold juga terjadi di lini tengah (hybrid).

Pemain asal Inggris berusia 25 tahun ditempatkan Klopp sebagai bek kanan di banyak laga musim ini, tetapi dalam pertandingan pergerakannya acapkali terjadi di lini tengah dengan peran sebagai gelandang.

Ketika area yang seharusnya dijaganya ditinggal, pemain lain menjaga area tersebut untuk Alexander-Arnold. Kontribusinya besar musim ini dengan catatan delapan assists dan dua gol dari 25 laga di seluruh kompetisi.

Teranyar, Alexander-Arnold membantu Liverpool menang 2-0 atas Arsenal di putaran tiga Piala FA di Emirates Stadium, Minggu (07/01) malam WIB.

Baca Juga:

Arsenal 0-2 Liverpool: The Gunners Angkat Koper dari Piala FA

Jangan Dulu Coret Arsenal dari Perburuan Gelar

Jurgen Klopp Ungkap Resep Liverpool Bungkam Arsenal

Produk akademi Liverpool memiliki satu peluang yang mengenai mistar gawang, serta mengawali proses gol bunuh diri Jakub Kiwior dengan tendangan bebas yang dilakukannya.

Alexander-Arnold pun dibandingkan dengan legenda Liverpool yang berposisi sebagai gelandang, Steven Gerrard. Pandit sepak bola, Martin Keown, menilai Alexander-Arnold bisa lebih sering bermain sebagai gelandang dengan visi bermain, serta kejeliannya membaca peluang mencetak gol.

"Saya pikir sudah waktunya untuk membawanya keluar dari sana. Mainkan dia di lini tengah, di situlah dia ingin berada," kata Keown seperti dilansir dari Dailymail.

"Saat masih kecil dia bermain di sana. Dia benar-benar seorang Gerrard bukan sekarang. Anda tidak akan terlalu sering memainkan Gerrard sebagai bek kanan."

"Saya pikir dia menemukan dirinya di bek kanan. Permainan bek kanan kini sudah berkembang, berbeda. Namun pada akhirnya saya pikir dia harus bermain di lini tengah."

"Dia seperti gelandang dalam cara dia melakukan umpan dari posisi itu," tambah Keown.

Pandit lainnya, Danny Murphy, setuju dengan opini Keown. Alexander-Arnold juga dapat bermain di posisi yang sama dengan timnas Inggris, serta membantu timnas juara pada Piala Eropa 2024.

"Permainan Trent setara dengan siapa pun di Premier League dalam hal gelandang, apalagi full-back," tambah Murphy. "Saya pikir ini tentang menemukan keseimbangan yang tepat untuk memberinya posisi terbaik untuk bermain."

"Klopp memasukkan Bradley sebagai bek kanan sehingga Trent bisa bebas. Untuk Inggris, Anda memiliki salah satu pemain bertahan terbaik di Eropa bersama Anda dalam diri Declan Rice, biasanya Anda memiliki Kyle Walker atau Reece James, dua bek kanan terbaik di divisi kami."

"Dia akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencetak gol dan memberikan bola untuk memenangkan turnamen bagi kami," pungkasnya.

Trent Alexander-Arnold Liverpool Piala FA Premier League Timnas Inggris
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.238

Bagikan