Dibanding Man City atau Tottenham, Permainan Man United Saat Ini Menjemukan

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 07 April 2018
Dibanding Man City atau Tottenham, Permainan Man United Saat Ini Menjemukan
Permainan Manchester United tidak menggairahkan untuk fans (Getty Images)

BolaSkor.com - Alkisah, kerajaan Inggris pernah dikuasai oleh Manchester United selama bertahun-tahun lamanya. Di bawah bendera komandan Sir Alex Ferguson, Red Devils menjadi raja melalui raihan 20 titel Premier League. Selama 26 tahun mengangkat permainan Man United, rezim Ferguson perlahan runtuh kala ia pensiun di tahun 2013.

Dua manajer, David Moyes dan Louis van Gaal, gagal meneruskan warisan yang ditinggalkan Ferguson. Jose Mourinho, tengah membangun kembali kekuatan tersebut, dengan membawa ide dan gagasan bermainnya sendiri.

Pada musim pertamanya, Mourinho memberikan titel: Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa. Lalu, di musim keduanya, permainan Man United sudah sangat Mourinho sekali, meski akhirnya hanya memperjuangkan titel Piala FA. Kendati demikian, tidak mudah bagi penggemar sejati Man united untuk menerima fakta, bahwa permainan tim mereka sudah berbeda dibanding masa lalu.

Man United kini tidak lagi membuat fans bergairah dengan permainan ofensif, agresif, yang menjadikan mereka sebagai tim yang ditakuti di masa lalu. Saat ini, Man United tidak segan memainkan strategi parkir bus alias bertahan total, jika Mourinho menginginkannya. Hal ini pun membuat Paul Ince, legenda Man United, prihatin.

Ince yang bermain untuk Man United di medio 1989-1995 yakin, saat ini, tidak banyak yang bergairah atau menyukai gaya main Man United. Bahkan, satu-satunya pemain kelas dunia yang ada di Old Trafford saat ini, menurut Ince, hanya David De Gea semata.

"De Gea satu-satunya pemain kelas dunia United. Sekarang, siapa coba yang tertarik menyaksikan permainan United? Tidak ada. Saya bahkan berkata pada satu poin, tidak ada pemain United yang dapat dinikmati permainannya. Mungkin, (Paul) Pogba atau (Marcus) Rashford jika mereka bermain dalam kondisi terbaik," cetus Ince, diberitakan Mirror, Jumat (6/4).

"Satu-satunya pemain kelas dunia adalah David De Gea. Terlepas darinya - tidak ada pemain lainnya. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Old Trafford. Era Louis van Gaal dan David Moyes merupakan kemunduran. Sudah jadi pekerjaan Mourinho untuk membenahinya," tuturnya.

Jika dibandingkan dengan Tottenham Hotspur, Manchester City, atau Liverpoool, permainan Man United memang menjemukan. Namun jika dilihat dari sudut pandang Mourinho, Man United sudah bermain seperti yang diinginkannya dan mementingkan hasil akhir alias berpikir pragmatis.

Manchester City Vs Manchester United Manchester United Jose Mourinho Paul Ince Sir Alex Ferguson
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.202

Bagikan