Di Depan CdM, Tinju Indonesia Janjikan Dua Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 28 April 2023
Di Depan CdM, Tinju Indonesia Janjikan Dua Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja
(Foto: MP/Kanugrahan)

BolaSkor.com - Hitungan hari jelang digelarnya SEA Games 2023 Kamboja, Chef de Mission (CdM) kontingen Tim Indonesia, Lexyndo Hakim kembali melanjutkan kunjungannya ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) cabang olahraga (cabor). Kali ini, giliran cabor tinju yang dikunjungi oleh CdM Lexyndo bersama tim.

Cabor tinju yang sedang menjalani pelatnas di HS Boxing, Ciseeng, Kab. Bogor, Jawa Barat, dikunjungi CdM Lexyndo, pada Kamis 27 April 2023. Saat berkunjung, CdM yang karib disapa Lexy itu, disambut para atlet yang akan berangkat ke Kamboja dan juga manajer timnas tinju di SEA Games 2023, Hengky Silatang.

Hengky menerangkan kepada Lexy bahwa tinju akan memberangkatkan 11 atlet terbaik mereka untuk bertanding di ajang multi-event terbesar di Asia Tenggara tersebut, yang terdiri dari 8 putra dan 3 putri.

Selain itu, Hengky juga menjelaskan, Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) telah menetapkan target 2 emas pada SEA Games mendatang, atau melewati pencapaian di edisi sebelumnya. Akan tetapi, mereka cukup yakin dapat melampaui target yang telah ditetapkan.

"Grafik tinju Indonesia sedang meningkat, mudah-mudahan kita bisa mencapai target kita meraih 2 emas, tapi kalau perlu bisa dapat lebih. Apalagi, atlet-atlet kita jauh lebih baik secara kondisi dan materi. Semoga saja kita bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus," ujar Hengky.

Lebih lanjut, Hengky menambahkan, skuad tinju Merah - Putih nantinya akan turun pada 11 kelas, yang terdiri dari 3 kelas di putri dan 8 kelas di putra. Dia pun mengatakan, semua kelas mempunyai kans yang sama untuk meraih medali emas.

Meskipun, diungkapkan Hengky, petinju-petinju dari Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja, bisa saja menjadi tantangan.

"Kalau putri itu hanya 3, karena diminta dari tuan rumah itu tiga (54kg, 57kg, dan 63kg), sedangkan putra itu ada 8 (48kg, 51kg, 54kg, 57kg, 60kg, 63kg, 71kg, dan 86kg). Dan, semuanya punya kans yang sama," tutur Hengky.

"Tantangan kita hanya ada Thailand dan Filipina di putra, kalau putri itu Vietnam. Sementara tuan rumah Kamboja juga, karena mungkin saja mereka memakai atlet naturalisasi," sambungnya.

Mendengar pemaparan dari manajer timnas tinju di SEA Games 2023, CdM Lexy sangat yakin kesebelas atlet yang diberangkatkan merupakan pilihan terbaik dari PP Pertina. Terlebih, semua petinju yang akan terbang ke Kamboja mempunyai kesempatan sama untuk meraih medali emas bagi Merah - Putih.

"Bahwa hari ini kami juga menerima daftar list nama kontingen atau atlet tinju yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2023 Kamboja, ada 8 putra dan 3 putri," kata Lexy.

"Dari kesebelas atlet itu, semua adalah yang terbaik dan semuanya merupakan yang berpotensi atau berpeluang besar meraih emas sehingga adik - adik kita ini adalah andalan Indonesia untuk tinju di SEA Games 2023 Kamboja. Jadi, bukan hanya 1/2/3 orang saja yang jadi jagoan, tapi 11 orang ini adalah jagoan terbaik bagi Indonesia," tegasnya.

Breaking News SEA GAMES SEA Games 2023 Lexyndo Hakim
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan