Detail dari Kesepakatan Kerja Sama Manchester United dengan Sir Jim Ratcliffe

Arief HadiArief Hadi - Senin, 25 Desember 2023
Detail dari Kesepakatan Kerja Sama Manchester United dengan Sir Jim Ratcliffe
Sir Jim Ratcliffe (Twitter)

BolaSkor.com - Di tengah sorotan terkait buruknya performa Manchester United, klub mengeluarkan pernyataan terkait pembelian saham yang dilakukan oleh pebisnis lokal, Sir Jim Ratcliffe.

Apabila sebelumnya baru sekedar isu, kali ini Man United mengonfirmasi pembelian dari Ratcliffe sebesar 25 persen saham klub (Kelas B). Penawaran itu juga dapat meningkat 25 persen dari saham Kelas A Man United.

Red Devils juga mendapatkan investasi dana sebesar 300 juta dollar Amerika Serikat. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, INEOS (perusahaan milik Ratcliffe) akan mengambil tanggung jawab dari sisi operasi olahraga Man United.

Baca Juga:

Tak Ada Kado Natal untuk Fans dari Manchester United

West Ham 2-0 Manchester United: Red Devils Tanpa Kemenangan di Tiga Laga Beruntun

Man United Digebuk West Ham, Erik ten Hag: Kami Kontrol Permainan, tetapi Mandul

"Manchester United plc mencapai kesepakatan untuk Sir Jim Ratcliffe, Ketua INEOS, untuk mengakuisisi hingga 25 persen kepemilikan saham di perusahaan," demikian pernyataan Man United.

"Manchester United plc (NYSE: MANU) hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian yang mana Ketua INEOS, Sir Jim Ratcliffe, akan mengakuisisi 25 persen saham Kelas B Manchester United dan hingga 25 persen saham Kelas A Manchester United."

"Dan memberikan tambahan 300 juta dollar Amerika Serikat, yang dimaksudkan untuk memungkinkan investasi masa depan ke Old Trafford."

"Sebagai bagian dari transaksi, INEOS telah menerima permintaan direksi untuk mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional klub sepak bola."

"Hal ini akan mencakup semua aspek operasional dan akademi sepak bola pria dan wanita, serta dua kursi di dewan Manchester United PLC dan dewan klub sepak bola Manchester United."

Direktur serta Executive Co-Chairmen, Avram Glazer dan Joel Glazer, berharap kerja sama dengan Ratcliffe dapat memberikan kesuksesan untuk Man United.

"Kami sangat senang telah menyetujui kesepakatan ini dengan Sir Jim Ratcliffe dan INEOS," papar Glazer.

"Sebagai bagian dari tinjauan strategis yang kami umumkan pada November 2022, kami berkomitmen untuk mencari berbagai alternatif untuk membantu mengembangkan Manchester United, dengan fokus memberikan kesuksesan bagi tim pria, wanita, dan akademi kami."

"Sir Jim dan INEOS membawa banyak pengalaman komersial serta komitmen finansial yang signifikan ke dalam klub."

"Dan, melalui INEOS Sport, Manchester United akan memiliki akses terhadap para profesional berpengalaman dengan performa tinggi, berpengalaman dalam menciptakan dan memimpin tim elit baik dari dalam mau pun luar permainan."

"Manchester United memiliki orang-orang berbakat di seluruh klub, dan keinginan kami adalah untuk selalu berkembang di setiap level untuk membantu membawa lebih banyak kesuksesan bagi penggemar hebat kami di masa depan."

Detail Transaksi

Di bawah kesepakatan transaksi, Trawlers Limited akan mengakuisisi 25 pesreh saham biasa Kelas B perusahaan, dengan nilai nominal 0,0005 dolar Amerika Serikat per saham (saham Kelas B).

Kemudian, memulai penawaran tender untuk mengakuisisi hingga sejumlah saham yang, pada saat peluncuran, akan mewakili 25 persen saham biasa Kelas A perusahaan, dengan nilai nominal 0,0005 dollar Amerika Serikat per saham (saham Kelas A), masing-masing dengan harga 33,00 dolar Amerika Serikat per saham dalam bentuk tunai.

Subyek pada jumlah saham Kelas A yang ditenderkan dalam penawaran tersebut, Trawlers Limited akan memiliki 25 persen saham Klub setelah penutupan transaksi.

Ratcliffe juga memberikan dana 300 juta dolar Amerika Serikat yang bisa digunakan sebagai investasi di masa depan, untuk infrastruktur di Old Trafford, 200 juta dolar Amerika Serikat dibayar pada akhir transaksi dan 100 juta berikutnya pada akhir 2024.

Transaksi juga sepenuhnya dibiayai oleh Trawlers Limited tanpa ada utang apapun. Adapun poin penting dari kesepakatan transaksi itu adalah sebagai berikut ini:

1. Akuisisi 25 persen saham Kelas B yang dimiliki oleh keluarga Glazer.
2. Menawarkan untuk mengakuisisi hingga 25 persen dari seluruh saham Kelas A.
3. Keluarga Glazer dan pemegang saham Kelas A akan menerima harga yang sama yaitu 33,00 dolar Amerika Serikat per saham
4. Investasi lebih lanjut sebesar 300 juta dolar Amerika Serikat di klub
5. INEOS mendelegasikan tanggung jawab untuk pengelolaan operasi sepak bola
6. Penyelesaian kesepakatan ini harus menerima semua persetujuan peraturan yang diperlukan termasuk dari Premier League.

Premier League Manchester United Sir Jim Ratcliffe
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.327

Bagikan