Piala Asia 2023

Dampingi Presiden Jokowi Tinjau IKN, Erick Thohir Optimistis Training Center PSSI Selesai Bulan Mei

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 17 Januari 2024
Dampingi Presiden Jokowi Tinjau IKN, Erick Thohir Optimistis Training Center PSSI Selesai Bulan Mei
Presiden Jokowi bersama Ketum PSSI Erick Thohir meninjau pembangunan training centre PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/1).

Presiden Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketum PSSI Erick Thohir. Kunjungan kali ini, Presiden Jokowi melihat perkembangan pembangunan Training Center (TC) PSSI di IKN.

Hadir juga dalam kunjungan Exco PSSI Muhammad dan Khairul Anwar, Sekjen PSSI Yunus Nusi, pelatih Timnas Indonesia U-20 sekaligus Dirtek PSSI Indra Sjafri, serta tiga pemain Timnas Indonesia U-20.

Presiden Jokowi menyebutkan bahwa progres pembangunan TC sudah mencapai 20 persen.

“Kalau kita lihat memang sudah dimulai dan sampai hari ini sudah tuntas 20 persen. Dan kita harapkan Mei (2024) sudah jadi, dan Juni (2024) sudah bisa dipakai untuk TC untuk U-20. Masuk ke sini. Coach Indra (Sjafri) juga sudah katakan siap untuk TC di IKN. Rumput juga sudah disemai semuanya,” jelas Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Daya Juang Vietnam Bikin Erick Thohir Kagum, Harus Dicontoh Timnas Indonesia

Butuh Kemenangan, Erick Thohir Minta Timnas Indonesia All Out Lawan Vietnam

Erick Thohir menegaskan, pemerintah dan PSSI berharap pembangunan TC tahap 1 ini dapat selesai sesuai target pada Mei 2024. Dengan demikian, para pemain dan staf pelatih dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia.

"Tadi Pak Presiden menyatakan apresiasinya atas progres pembangunan TC PSSI Tahap 1 yang telah mencapai 20 persen. Ini menunjukkan komitmen PSSI dan Adhi Karya dalam mempercepat pembangunan TC. Ini juga bagian dari transformasi sepak bola Indonesia menuju ke arah yang lebih baik," jelas Erick Thohir.

Pembangunan TC PSSI Tahap 1 ini mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai 1,25 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp19,2 miliar.

Untuk tahap 1 ini, pembangunan difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain.

Untuk asrama di Tahap 1, total kapasitasnya adalah 70 orang, terdiri atas 28 twin room untuk pemain, 10 single room untuk tim pelatih, dan 3 suite untuk pelatih kepala.

Sesuai blue print, TC PSSI di IKN akan memiliki total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya akan bermanfaat bagi tim nasional, namun juga masyarakat sekitar.

Presiden Jokowi bersama Ketum PSSI Erick Thohir meninjau pembangunan training centre PSSI. (PSSI)

"Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, PSSI akan punya fasilitas yang memadai sehingga para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia," tambah Erick Thohir.

Oleh karena itu Erick Thohir berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward. "PSSI berkomitmen untuk mempercepat pembangunan TC demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik. Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward," kata Erick.

Pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia. Dengan fasilitas bertaraf internasional, para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta metodologi latihan terbaik.

Faktor Pendukung Penting

Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Jokowi Joko widodo Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan