Daftar Pemenang Penghargaan FIFA 2023: Lionel Messi Pemain Terbaik, Manchester City Dominan

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 16 Januari 2024
Daftar Pemenang Penghargaan FIFA 2023: Lionel Messi Pemain Terbaik, Manchester City Dominan
Pep Guardiola jadi Pelatih Terbaik FIFA 2023 (Twitter)

BolaSkor.com - Berlokasi di London, Inggris, pada Selasa (16/01) dini hari WIB acara penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2023 dihelat. Acara dipandu oleh legenda Arsenal, Thierry Henry, bersama dengan Reshmin Chowdury.

Diawali dari nominasi Pelatih Terbaik tiga besarnya adalah Pep Guardiola (Manchester City), Simone Inzaghi (Inter Milan), dan Luciano Spalletti (Napoli/timnas Italia). Pilihan di antara mereka pun relatif mudah.

Hasil dari nominasi tersebut pemenangnya adalah Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol mencatatkan sejarah membawa Man City meraih treble winners musim lalu, menyamai catatannya di Barcelona serta juga rival sekota, Manchester United pada 1999.

Guardiola memberikan pujian kepada dua koleganya, Inzaghi dan Spalletti, juga kepada Man City karena memiliki visi yang sama setelah delapan tahun bersama.

Baca Juga:

Waspada Tim Rival, Manchester City Kembali Gahar

Mikel Arteta Bicara Strategi Transfer Arsenal pada Januari 2024

Selamat Datang Kembali, Kevin De Bruyne

"Saya ingin berbagi penghargaan ini dengan Simone Inzaghi dan Luciano Spalletti,” kata Guardiola di laman resmi FIFA.

"Pemilik Man City dan CEO kami untuk memulai ide brilian dari grup sepak bola City. Terima kasih kepada staf di belakang saya, pemain kami. Delapan tahun kami telah bersama, tinggal bersama mereka sangat menyenangkan."

"Terima kasih kepada ayah saya. Saya sangat senang dia ada di sini malam ini dan tentu saja saudara-saudara saya. Terima kasih untuk anak-anak dan istri saya. Tidak mungkin hidup sebagai seorang profesional tanpa mereka."

Penghargaan kepada Pep Guardiola mengawali dominasi Man City, sebab setelahnya pada pengumuman Susunan Pemain Terbaik, The Citizens mendominasi dari lini belakang ke depan.

11 pemain itu, dari posisi kiper hingga penyerang, adalah Thibaut Courtois, John Stones, Kyle Walker, Ruben Dias, Bernardo Silva, Jude Bellingham, Kevin De Bruyne, Erling Haaland, Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Vinicius Junior.

Penghargaan kian lengkap untuk Man City sebab kiper mereka, Ederson Moraes terpilih jadi Kiper Terbaik yang mengalahkan Yassine Bounou dan Thibaut Courtois.

"Terima kasih untuk keluarga saya. Istri dan anak-anak saya. Mereka sangat penting untuk saya. Terima kasih para pemain, itu (musim lalu) jadi musim yang hebat," ucap Ederson.

Terakhir, untuk acara puncak penghargaan Pemain Terbaik dimenangi megabintang asal Argentina, Lionel Messi, yang mengalahkan Haaland dan Mbappe.

Messi memenangi penghargaan Pemain Terbaik FIFA dua tahun beruntun, serta menyandingkannya dengan Ballon d'Or. La Pulga tidak bisa hadir di London dan mewakilinya adalah Henry, mantan rekan setimnya di Barcelona.

Berikut daftar lengkap pemenang penghargaan di acara FIFA 2023:

Pelatih Terbaik: Pep Guardiola (Manchester City)
Susunan Pemain Terbaik: Thibaut Courtois, John Stones, Kyle Walker, Ruben Dias, Bernardo Silva, Jude Bellingham, Kevin De Bruyne, Erling Haaland, Kylian Mbappe, Lionel Messi, Vinicius Junior.
Pelatih Terbaik Putri: Sarina Wiegman (timnas Inggris)
Susunan Pemain Terbaik Putri: Mary Earps, Olga Carmona, Lucy Bronze, Alex Greenwood, Keira Walsh, Alessia Russo, Lauren James, Ella Toone, Aitana Bonmati, Alex Morgan, Sam Kerr
Kiper Terbaik Putri: Mary Earps (Manchester United)
Kiper Terbaik Putra: Ederson (Manchester City)
Tim Fair Play: timnas putra Brasil
Puskas Award: Guilherme Madruga (Botafogo)
Pemain Terbaik: Lionel Messi (Inter Miami)
Pemain Terbaik Putri: Aitana Bonmati (Barcelona)

Lionel Messi Pemain Terbaik Dunia Fifa Pep Guardiola Manchester City
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.397

Bagikan