Cerita Pilu Ichsan Kurniawan, Jalani Operasi ACL Dua Kali

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 04 September 2018
Cerita Pilu Ichsan Kurniawan, Jalani Operasi ACL Dua Kali
Ichsan Kurniawan dalam sesi latihan Sriwijaya FC. (BolaSkor.com/Dzakira)

BolaSkor.com - Sebuah cobaan besar kembali harus dihadapi gelandang muda Sriwijaya FC, Ichsan Kurniawan. Pemain jebolan Sriwijaya FC U-21 ini untuk kedua kalinya harus absen panjang dari lapangan karena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) di kaki kanan. Ichsan menjalani operasi lutut di RS Royal Progress di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Senin (3/9) siang.

Pada musim 2016, Ichsan sudah pernah mengalami cedera ACL di kaki kiri dan berakhir di ruang operasi. Melewati serangkaian terapi yang cukup panjang, satu musim kemudian ia pun sembuh total dan kembali merumput pertengahan musim 2017.

Tapi, sekali lagi ia harus merasakan cobaan yang cukup berat karena kembali mengalami cedera ACL. Kali ini, bukan cedera kambuhan. Jika sebelumnya kaki kiri yang terkena ACL, kali ini kaki kanan yang mengalami cedera ACL saat melawan Mitra Kukar (18/7).

Ichsan, Senin (3/8), menceritakan, meski masih bisa berlatih, namun rasa nyeri mulai dirasakannya. Lantaran bingung dengan situasi tersebut, Ichsan pun memutuskan untuk melakukan MRI dan datang kepada dokter Bobby Nelwan yang banyak direkomendasikan pesepakbola lainnya sekaligus dokter yang menangani operasi pertamanya.

“Ichsan sempat melakukan terapi selama kurang lebih 10 hari dan MRI lagi, setelah itu baru diputuskan bahwa tindakan yang terbaik adalah operasi. Tentu hal ini sempat membuat saya down, namun akhirnya setelah mendapat banyak dukungan akhirnya semangat lagi."

"Ini adalah yang terbaik dan kesempatan untuk bermain setelah operasi ini masih mungkin dan sangat terbuka,” jelasnya.

Rasa trauma mungkin saat sudah bisa turun ke lapangan hijau pasti ada. Tapi, ia sudah pernah mampu mengalahkan rasa takut itu usai operasi lutut musim 2016.

Ichsan sangat yakin ia bisa kembali menaklukkan rasa takutnya. Dua kali operasi lutut tak akan membuatnya gantung sepatu di usia masih muda.

“Mohon doanya dari seluruh pecinta SFC,” pungkasnya.

Sementara itu, pelatih Subangkit meminta Ichsan untuk fokus pada proses penyembuhan dan terapi yang bakal ia jalani. Ia pun meminta anak asuhnya itu untuk kuat menghadapi hal ini. Cak Su percaya Ichsan bisa kembali sembuh total dan memperkuat Sriwijaya FC.

“Kita doakan saja supaya operasinya lancar, dia fokus jalani terapi dan kembali secepatnya dengan rekan-rekannya,” ucapnya. (Laporan Kontributor Dzakira/Palembang)

Breaking News Ichsan Kurniawan Sriwijaya fc
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan