Cerita Menarik Iringi Proses Gol Dramatis Alisson

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 17 Mei 2021
Cerita Menarik Iringi Proses Gol Dramatis Alisson
Para pemain Liverpool merayakan gol Alisson. (Twitter)

BolaSkor.com - Alisson Becker tampil sebagai pahlawan Liverpool saat bertandang ke markas West Bromwich Albion dalam lanjutan Premier League 2020-2021. Kiper berkebangsaan Brasil itu mencetak gol kemenangan The Reds secara dramatis.

Dalam laga yang berlangsung di The Hawthorns, Minggu (16/5), Liverpool sukses mengalahkan West Brom dengan skor tipis 2-1. Namun kemenangan ini diraih lewat perjuangan berat.

West Brom unggul lebih dulu lewat gol Hal Robson-Kanu pada menit ke-15. Kondisi ini membuat Liverpool bermain di bawah tekanan.

Baca Juga:

West Bromwich 1-2 Liverpool: Gol Bersejarah Alisson Jaga Peluang The Reds

Cara Jurgen Klopp Atasi Menumpuknya Bek Tengah Liverpool

Menilik Sengitnya Perburuan Zona Liga Champions di Premier League

Proses gol Alisson Becker

Mohamed Salah kemudian sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-33. Namun tim asuhan Jurgen Klopp kesulitan mencetak gol kemenangan.

Sejumlah peluang mampu diciptakan para pemain Liverpool. Namun penyelesaian akhir yang kurang akurat dan ketangguhan Sam Johnstone di bawah mistar West Brom membuat gol tak kunjung datang.

Drama terjadi pada menit-menit akhir di masa injury time. Alisson naik ke kotak penalti West Brom setelah Liverpool mendapat sepak pojok yang bisa menjadi peluang terakhir mereka.

Ajaibnya, Alisson mampu memenangi duel udara untuk menyambut umpan Trent Alexander-Arnold. Sundulannya ke tiang jauh hanya membuat Johnstones terpaku dan Liverpool sukses mencetak gol.

Gol tersebut disambut dengan emosional oleh Alisson dan skuat Liverpool lainnya. Skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu akhirnya bertahan hingga laga usai.

Alisson mengaku aksinya maju ke kotak penalti West Brom merupakan inisiatif sendiri. Ia juga tak menyangka bisa mencetak gol dengan sundulan.

"Saya mencoba untuk melihat ke bangku cadangan tetapi tidak ada yang menghentikan saya dan kemudian John Achterberg (pelatih kiper) memberi saya keyakinan (untuk maju). Itu adalah waktu yang tepat, umpan silangnya juga brilian," kata Alisson di situs resmi klub.

"Saya hanya mencoba untuk mengarahkan kepala saya kepada bola dan saya pikir itu adalah salah satu gol terbaik yang saya lihat dan yang terbaik yang pernah saya cetak! Saya sangat senang."

Menariknya, Alisson tak pernah melakukan sesi latihan khusus untuk mengasah sundulannya. Hal inilah yang membuatnya cukup terkejut.

"Saya tidak melatih (sundulan) untuk melakukannya di dalam pertandingan. Saya setidaknya memiliki perasaan bagaimana menyundul bola karena saya sering melakukan itu dalam permainan untuk membantu pertahanan," tambahnya.

"Anda tidak bisa menjelaskan hal-hal semacam itu dalam sepak bola."

Respons Klopp

Seperti Alisson, Klopp juga tak menyangka dengan gol yang dicetak sang kiper. Ia tak ragu memberikan pujian untuk anak asuhnya.

"Kontribusi saya dari gol ini adalah saya tidak berteriak kepada Alisson untuk mundur. Saya hanya membiarkannya lari karena di menit-menit terakhir pertandingan, tidak ada yang meminta kiper pergi ke kotak lawan ketika Anda harus menang," kata Klopp.

"Dia pergi ke sana dan terciptalah gol yang luar biasa!"

Klopp juga tak pernah melihat Alisson melakukan gol sundulan seperti itu pada sesi latihan. Ia menilai aksi tersebut murni naluri seorang pesepak bola.

"Saya berkata kepada John Achterberg bahwa ketika saya pergi ke konferensi pers, saya akan memberi tahu semua orang bahwa dia (Alisson) melakukannya empat kali seminggu. Sayangnya, itu tidak benar!" tambah Klopp.

"Itu pasti ada dalam ingatan jangka panjangnya sejak dia menjadi pemain lapangan saat masih kecil. Saya tidak pernah melihatnya melakukan hal seperti ini."

Yang jelas gol Alisson menjaga peluang Liverpool untuk finis di empat besar. Merseyside Merah kini hanya tertinggal satu poin dari peringkat keempat yang diduduki Chelsea dengan dua laga tersisa.

Liverpool Alisson Becker Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan