Cedera Perlahan Pulih, Persebaya Tak Buru-buru Beri Comeback Koko Ari

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 23 Januari 2022
Cedera Perlahan Pulih, Persebaya Tak Buru-buru Beri Comeback Koko Ari
Koko Ari Araya. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Lebih dari tujuh bulan sudah bek sayap Koko Ari Araya tidak menginjakan kaki di lapangan hijau dengan kostum Persebaya Surabaya. Hal itu dikarenakan, dia mengalami cedera lutut kanan pada akhir Mei 2021. Debutnya di Liga 1 2021/2022 tampaknya masih lama karena Persebaya memilih bersabar dan memberi kesempatan untuk bisa pulih 100 persen.

Seperti diketahui, Koko Ari mengalami cedera lutut saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia di Uni Emirat Arab. Saat ini, dia tengah melakukan pemulihan cedera pasca menjalani operasi anterior cruciate ligament (ACL) lutut kanan, 27 Juli 2021 lalu. Perkembangan pemulihan cedera pemain 22 tahun tersebut berjalan lancar.

Terbukti, Koko Ari sudah mengikuti program latihan Persebaya. Namun, pelatih Persebaya Aji Santoso tampaknya masih memberi batasan menu latihan kepada Koko.

"Dia sudah sembuh dan bisa berlatih bersama rekan-rekannya, tapi untuk game belum bisa gabung hingga selesai," ujarnya usai memimpin latihan di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, pagi tadi (22/1).

Baca Juga:

Persija Jamin Posisi Sudirman Aman Sampai Akhir Musim

Lima Pemain Arema FC Positif COVID-19, Skuat Persib Dapat Peringatan

Koko Ari masih tampak begitu hati-hati dan tak memaksakan diri untuk merebut bola saat sesi latihan mini game bersama Taisei Marukawa dkk. Namun, Koko terlihat sudah bisa berlari kencang, kemudian melakukan overlap. Bahkan, pemain jebolan kompetisi internal Persebaya tersebut sudah bisa mengirim umpan silang dari sisi kanan ke kotak penalti.

Kendati demikian, Aji Santoso tidak ingin mendesak salah satu bintang muda Bajol Ijo tesebut comeback ke lapangan. Menurutnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan Koko sebelum kembali bermain. Alhasil, peluang Koko untuk turun ketika menghadapi PSS Sleman, Sabtu (29/1) mendatang masih tertutup.

"Semoga keadaannya semakin membaik dan segera bisa bermain pada musim ini. Karena masih ada 1-2 item agar sembuh total," ucap Aji.

Selain Koko, pelatih 51 tahun itu juga dibuat pusing oleh cederanya pemain serba bisa, Ady Setiawan. Tak hanya itu, kiper Satria Tama juga belum pulih pasca naik meja operasi karena mengalami cedera ACL. Meski penjaga gawang asal Sidoarjo tersebut telah menjalani latihan penguatan bersama tim Bajol Ijo sejak di Bali.

Aji Santoso mengonfirmasi bahwa perkembangan cedera pemain asal Bima, Nusa Tenggara Barat itu terus dipantau. Ady diharapkan dapat kembali berlatih pada Senin (24/1) mendatang sekaligus untuk melakukan persiapan menghadapi PSS. Sedangkan Satria Tama diproyeksikan pulih total pada bulan April, artinya dia diragukan dapat tampil pada sisa kompetisi musim ini.

"Ady kondisinya masih sakit, kakinya agak bengkak sedikit. Kemarin (lawan Bhayangkara FC) main juga sedikit di paksa. Ini tadi tidak latihan sampai hari Senin (24/1) mendatang baru mulai. Untuk Satria Tama, masih benar-benar harus mendapat perawatan lebih dalam. Kami masih menunggu perkembangan berikutnya," tandas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Koko Ari Araya Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan