Canggih, Granada Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Nutrisi Pemain

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 23 Desember 2021
Canggih, Granada Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Nutrisi Pemain
Granada (LaLiga)

BolaSkor.com - Perencanaan nutrisi klub LaLiga, Granada CF, menggunakan kecerdasan buatan untuk mengotomatisasikan proses, mengidentifikasi pola, dan merencanakan dengan cara yang lebih efisien.

Mereka telah bekerja sama dengan Universitas Granada dan Tabalu, sebuah perusahaan teknologi pangan yang berfokus pada nutrisi dalam industri olahraga.

Terdapat banyak faktor yang menjadi alasan kesuksesan tim sepak bola, satu di antara yang paling penting adalah nutrisi para pemain. Di klub LaLiga, Granada CF, ada pemahaman yang jelas tentang betapa pentingnya nutrisi yang efisien untuk kinerja para pemain. Oleh karena itu, mereka menggunakan teknologi, kecerdasan buatan, dan big data ke dalam proses yang membentuk pola makan para pemain.

Selama beberapa tahun terakhir, klub dari wilayah Andalusia tersebut telah memasukkan analisis biomekanik, analisis komposisi tubuh, dan studi genetik ke dalam prosedur diagnostiknya, di mana hal tersebut membantu mereka membangun basis data yang terperinci dengan informasi dari setiap pemain.

Dengan melacak metrik seperti berat badan, persentase lemak tubuh, massa kulit, massa otot, dan cairan intraseluler dan ekstraseluler, Granada CF memiliki semua informasi yang dibutuhkan untuk menghitung apa dan kapan pemain mereka harus mengkonsumsi sesuatu.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Arsenal ke Semifinal, Juventus Menang, Barcelona Imbang

Anthony Martial Tak Tertarik Pindah ke Barcelona dan Juventus

Barcelona Diimbangi Sevilla, Perasaan Xavi Campur Aduk

Seperti yang dijelaskan oleh dokter klub, Manuel Arroyo, "Kami di layanan medis Granada CF telah bekerja selama empat musim terakhir untuk menggabungkan pengalaman profesional medis dengan perkembangan ilmiah terbaru di bidang nutrisi. Kami memiliki tiga tujuan utama, yaitu untuk menjaga kesehatan para pemain, untuk mengobati dan mencegah cedera sebanyak mungkin, dan untuk membantu meningkatkan performa olahraga dengan memperhatikan hal-hal kecil. Untuk mendeteksi hal-hal kecil yang dapat meningkatkan performa olahraga, perlu menggunakan solusi teknologi yang berbeda."

Saat terjadi lockdown akibat virus corona dan jadwal padat yang mengikutinya, Granada CF membawa pemantauan kebugaran pemain mereka ke level selanjutnya.

Mereka bermitra dengan Universitas Granada untuk membawa kecerdasan buatan ke dalam prosesnya dan mengembangkan Readiness Soccer, sebuah aplikasi inovatif yang membantu melacak dan memantau pemain di awal tahun 2020. Baru-baru ini, kesuksesan proyek tersebut dipamerkan di Kongres Wanda.

"Langkah selanjutnya adalah kecerdasan buatan untuk membantu kami mengatur semua informasi yang dimiliki, menjadikannya relevan dan berguna untuk mencapai tujuan," ujar dokter Arroyo.

"Kami memulainya dalam beberapa musim terakhir dan dalam beberapa bulan mendatang, tujuan kami adalah meningkatkan jumlah variabel yang secara khusus disesuaikan dengan keunikan aspek di bidang ini. Sebagai bagian dari hal tersebut, kami akan melihat variabel nutrisi yang terkait dengan konsumsi harian pemain, baik dari segi kuantitas maupun kualitas."

Granada

Sebagai bagian dari evolusi tersebut, Granada CF bermitra dengan Tabalu, yang merupakan sebuah perusahaan teknologi pangan yang berfokus pada nutrisi dalam industri olahraga. Mereka akan bekerja sama dengan staf klub untuk menyiapkan semua makanan pesepak bola, baik yang dikonsumsi di fasilitas klub maupun yang dibawa pulang.

Berkerja dengan dokter klub, big data, dan teknologi yang tersedia, mereka akan mengembangkan rencana khusus untuk setiap pemain dan menggunakan kecerdasan buatan dalam mengotomatisasikan proses, mengidentifikasi pola, dan merencanakan dengan cara yang efisien.

Investasi Granada CF untuk kebutuhan nutrisi tim utama ini akan terbayarkan dalam jangka panjang. Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi klub Jose Maria Gimenez.

"Kami yang terlibat dalam nutrisi para pemain harus bekerja dengan mereka setiap hari untuk memfasilitasi asupan yang sesuai. Dengan bantuan staf pelatih, kami merencanakan menu mingguan berdasarkan tahap musim yang kami jalani, jumlah pertandingan yang dimainkan, dan beban kerja sesi latihan. Sangat penting untuk mengawasi komposisi tubuh para pesepakbola, mengingat dampak biomekanik dan metabolisme terhadap kinerja olahraga mereka,” ujarnya.

Gimenez melanjutkan, "Makanan harian setiap pemain akan bergantung pada faktor yang berbeda. Salah satu elemennya adalah kecenderungan genetik mereka. Elemen lainnya adalah tahap musim yang kita hadapi, yang berarti akan ada variasi berdasarkan kebutuhan kolektif dan individu. Kita perlu memberikan nutrisi yang memastikan pemulihan dengan tepat dan mengurangi kelelahan serta risiko cedera. Maka dari itu, makanan berkualitas, hidrasi, dan suplemen sangat penting."

LaLiga Breaking News Granada
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.540

Bagikan