Cabor Basket Jakarta Lolos ke PON 2024 dengan Paripurna, Ketum Perbasi, Lexy: Hasil Kolaborasi dan Sinergi yang Apik

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 16 Oktober 2023
Cabor Basket Jakarta Lolos ke PON 2024 dengan Paripurna, Ketum Perbasi, Lexy: Hasil Kolaborasi dan Sinergi yang Apik

BolaSkor.com - Anak basket Jakarta tengah berbunga-bunga. Tahapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dilalui dengan paripurna.

Cabang olahraga (cabor) Bola Basket DKI Jakarta berhasil meloloskan tim di semua kategori yakni 5 on 5 dan 3x3. Tim basket putra dan putri dari kedua sektor tersebut menuntaskan perjalanan pra pon dengan baik.

Tim putra dan putri 3x3 DKI Jakarta memastikan tempat terlebih dahulu lewat Babak Kualifikasi Pra PON 2024 yang berlangsung di Yogyakarta pada 25 September 2023. Tak lama berselang giliran tim 5 on 5 putra dan putri yang dipastikan tampil di PON 2024.

Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, memberi apresiasi besar kepada atlet serta staf kepelatihan tim 5 on 5 dan 3x3. Tentunya pria yang akrab disapa Lexy itu mengingatkan agar pencapaian di Pra PON 2024 tidak membuat terlena.

"Perjuangan yang sebenarnya ada di tahun depan, ketika PON 2024 dimulai. Oleh karena itu, Perbasi DKI Jakarta akan memaksimalkan training camp jangka panjang untuk memaksimalkan bonding antar pemain, terutama untuk tim putra sebagi juara bertahan," ujar Lexy.

"Adapun tim putri Jakarta, masa depan cerah terpampang di depan mata. Mereka adalah wajah basket Indonesia di masa mendatang baik itu 3x3 atau 5 on 5," imbuh pria yang aktif di berbagai organisasi tersebut.

Lexy turut menyadari perjalanan menuju Pra PON 2024 tidaklah mudah bagi staf kepelatihan, khususnya terbatasnya waktu latihan dan jumlah pemain menjadi tantangan yang harus dilalui.

"Dengan beberapa keterbatasan dalam pemilihan dan penetapan pemain mengingat banyak event nasional dan internasional yang masih menjadi tantangan pada pemain tertentu untuk memperkuat tim provinsi," ujar Lexy.

"Tentu masih ada banyak pemain yang mungkin potensial belum bergabung, dengan kebijakan pelatih juga, tentu terus berlatih dan berkompetisi dengan sebaik-baiknya, untuk membela Jakarta, karena Sukses Jakarta untuk Indonesia."

Dalam kesempatan lain, Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Hidayat Humaid, mengapresiasi pencapaian Perbasi DKI Jakarta di Pra Pon 2024. Bagi Hidayat, prestasi pada event sebelumnya di Papua harus dipertahankan dan dilampaui.

"Dari kami keberhasilan Perbasi DKI Jakarta merupakan Langkah Awal dari Target Tim DKI 5 on 5 untuk mempertahankan Prestasi Medali emas nya di PON 2024 mendatang , dan di mana untuk tim Putri diharapkan dapat merebut medali emas dari Tim Putri Jatim di PON mendatang," ujar Hidayat.

Sebelum Pra PON 2024 bergulir, cabor Basket DKI Jakarta juga mencatatkan prestasi gemilang dengan mengawinkan medali emas POPNAS 2023 di Palembang. Tim putra dan putri DKI Jakarta tampil gemilang pada ajang tersebut.

Bagi Lexy, prestasi basket di Jakarta tak lepas dari kolaborasi dan sinegi yang apik di provinsi. Perbasi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Lexy tak henti menyambung silaturahmi dengan KONI DKI Jakarta, Kadispora, Gubernur, hingga federasi basket tingkat nasional.

"Semoga bisa terus terjalin, dan bersama-sama konsisten membangun basket Jakarta yang lebih baik lagi," tutur Lexy.

Breaking News Basket Perbasi Perbasi DKI Jakarta Lexyndo Hakim
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan