Premier League

Bournemouth Vs Liverpool: Dominic Solanke, Ancaman buat Sang Mantan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 20 Januari 2024
Bournemouth Vs Liverpool: Dominic Solanke, Ancaman buat Sang Mantan
Dominic Solanke (x/afcbournemouth)


BolaSkor.com - Liverpool akan menjalani ujian saat tandang ke markas Bournemouth di Vitality Stadium, Minggu (21/1) malam WIB. Untuk melewati ujian, Liverpool harus bisa meredam ketajaman Dominic Solanke, mantan The Reds yang musim ini gacor bersama Bournemouth.

Sejatinya, performa Dominic Solanke musim ini tidaklah mengejutkan. Dia selalu menjadi penyerang tajam. Sentuhan mencetak golnya membuatnya menjadi bintang di akademi Chelsea dan tim muda Inggris.

Potensi itu yang membuatnya pindah ke Liverpool pada usia 19 tahun dan melakukan debut timnas senior bahkan sebelum dia menjadi starter di Premier League.

Namun baru sekarang, di usia 26 tahun, semua potensi cemerlang terwujud. Hanya Erling Haaland dan Mohamed Salah yang mencetak lebih banyak gol di Premier League musim ini. Solanke, dengan 12 gol, telah menggandakan jumlah golnya sepanjang musim lalu.

Baca Juga:

Rekam Jejak Cedera Mohamed Salah Selama Memperkuat Liverpool

7 Transfer Musim Dingin Terburuk Sepanjang Masa

Kesepakatan Tercapai, Berikut Detail Transfer Jadon Sancho ke Dortmund

Penampilannya telah membantu mendorong Bournemouth jauh dari zona merah. Performanya diganjar dengan kontrak baru pada September, namun tak pelak lagi banyak peminat yang bermunculan. Arsenal dan Newcastle telah dikaitkan. Dan tentu saja bukan hanya kedua klub itu yang mencari striker.

Tentu saja, tidak mengherankan jika seorang pemain yang seluruh pendidikan sepak bolanya dijalani di klub-klub elite kini terlihat mampu kembali ke level tersebut.

Namun Solanke telah melalui banyak hal untuk sampai ke titik ini. Dia sempat dikatakan layu sebelum berkembang menyusul kekeringan gol. Bahkan pada Juli, pelatih Bournemouth Andoni Iraola menjawab pertanyaan tentang kemungkinan merekrut penggantinya.

“Saya ingat, saya ditanyai tentang pemain nomor 9 lainnya, karena dia tidak banyak mencetak gol,” kenang Iraola dikutip dari Sky Sports.

“Tetapi saya berpikir akan sangat, sangat sulit bagi kami untuk merekrut seseorang yang lebih baik dari Dom.”


Peran Iraola

Iraola meremehkan perannya dalam transformasi Solanke musim ini. Namun lancarknya aliran gol Solanke sejak penunjukan Iraola bukanlah suatu kebetulan. Dia mendapat keuntungan dari gaya permainan yang lebih cepat dan direct.

Iraola berusaha menggunakannya secara berbeda, memaksimalkan ancaman golnya dengan meminta Solanke untuk tetap berada di posisi yang lebih tinggi di lapangan.

Hasilnya, dia menembak lebih banyak. Faktanya, Solanke punya tembakan paling banyak musim ini dibandingkan pemain lain di Premier League. Lebih penting lagi, Solanke menembak dari posisi yang lebih berbahaya.

Dia menghasilkan peluang yang lebih baik dan kepercayaan dirinya meningkat. "Terkadang ketika seorang striker kehilangan peluang, mereka mulai berpikir berlebihan. Dia terus bermain dengan cara yang sama," kata Iraola.

Iraola menggambarkan Solanke sebagai "pemain nomor 9 yang lengkap". Kelengkapannya terlihat dari beragam penyelesaiannya musim ini.

“Dia sangat bagus untuk sistem kami, tapi menurut saya dia juga bagus untuk sistem apa pun,” kata Iraola.

Bournemouth telah menjadi salah satu tim paling berbahaya di Premier League dalam masa transisi di bawah asuhan Iraola dan Solanke menjadi kuncinya. Menurut Opta, Solanke sudah melakukan tujuh kali fast break musim ini. Hanya Anthony Elanga dari Nottingham Forest yang menghasilkan lebih banyak.

Menarik dinantikan, apakah Liverpool mampu meredam mantan pemainnya. Atau sebaliknya, Solanke menjadi ganjalan bagi Liverpool yang berusaha bertahan di posisi puncak klasemen sementara Premier League.

Premier League Liverpool Bournemouth Dominic Solanke Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan