Bos Ferrari Sebut FIA Telah Permalukan Formula 1

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 19 Desember 2023
Bos Ferrari Sebut FIA Telah Permalukan Formula 1

BolaSkor.com – Drama yang menyeret FIA dan Keluarga Toto Wolff cukup menyita perhatian bos Ferrari, Frederic Vasseur. Pria asal Prancis ini menilai FIA telah membuat nama baik Formula 1 tercemar.

Sebagaimana diketahui, pada Desember ini, FIA sempat mengumumkan akan melakukan investigasi kepada Wolff terkait kasus pertukaran informasi penting dengan istrinya yang menjabat sebagai kepala Akademi F1. Dikabarkan isu ini mencuat usai beberapa kepala tim mengklaim Wolff telah menyalahgunakan kekuasaan.

Namun tepat 24 jam usai mengumumkan hal tersebut, seluruh tim Formula 1 mengeluarkan pernyataan resminya. Mereka mengatakan tidak pernah melontarkan klaim apa pun yang menuduh Wolff telah melakukan pelanggaran.

Akibat hal tersebut, FIA langsung bertindak cepat. Mereka memutuskan untuk menghentikan proses investigasi.

“Saya pikir cerita ini cukup memalukan untuk olahraga ini. Cerita ini bermula saat ada artikel di surat kabar, saya tidak tahu apakah surat kabar merupakan kata-kata yang tepat. Saya pikir dalam situasi ini ketika kamu berbicara mengenai seseorang, kamu harus menjaga apa yang ingin dikatakan,” kata Vasseur.

Mantan kepala tim Alfa Romeo ini berpendapat, FIA seharusnya mencari bukti terlebih dahulu sebelum mempublikasikan proses investigasi. Setidaknya mereka bisa mengkonfirmasi pernyataan kepala tim dengan bertanya langsung.

“Saya pikir pantas. FIA, membutuhkan waktu 24 jam antara pengumuman pertama dan kedua. Masuk akal menggunakan waktu 24 jam sebelum pengumuman pertama untuk melakukan penyelidikan agar mengindari kesimpulan yang buruk,” jelas Vasseur.

Vasseur mengabarkan, imbas kejadian ini, seluruh tim kini saling bahu-membahu membantu Wolff. Bahkan beberapa tim yang sempat memiliki riwayat perselisihan dengan Mercedes rela menyingkirkan perbedaan pandangan demi memberikan dukungannya.

“Setelah kejadian ini, seluruh tim mulai bersatu. Kesimpulan pertama bagi saya adalah kita mampu beraksi bersama dan bahkan Red Bull memberikan dukungannya kepada Wolff!” tandas Vasseur.

Penulis: Bintang Rahmat

F1
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan