Black Mamba, Julukan Kobe Bryant yang Abadi sebagai Jersey

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Jumat, 09 Oktober 2020
Black Mamba, Julukan Kobe Bryant yang Abadi sebagai Jersey
Jersey Black Mamba. (Twitter)

BolaSkor.com - Nama Kobe Bryant tidak bisa lepas dari Los Angeles Lakers. Maklum, selama 20 tahun kariernya di NBA, Bryant tidak pernah melepaskan seragam Lakers.

Di Lakers, nama Bryant bersanding dengan legenda seperti Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Jerry West, hingga Shaquille O'Neal. Bahkan, Lakers memensiunkan dua nomor punggungnya, 8 dan 24.

Semasa masih bermain, Bryant identik dengan julukan Black Mamba. Determinasinya di atas lapangan membuat pria kelahiran 1978 itu lekat dengan julukan tersebut.

Bryant memutuskan gantung sepatu pada 2016 setelah dua dekade berkarier bersama Lakers. Satu tahun setelah pensiun, Lakers memutuskan memberi penghormatan untuknya.

Baca Juga:

Lakers Bakal Gunakan Jersey Black Mamba di Game 5 Final NBA

Andai Lakers Menangi NBA 2020, Eks Rekan Michael Jordan Punya Calon MVP Final

Pada 2017, Nike menghubungi Bryant dan mengatakan Lakers ingin membuat jersey spesial dengan temanya. Itu merupakan seragam keempat yang biasa disebut 'city edition'.

"Black Mamba langsung terlintas di kepala saya. Ular itu sangat cepat. Awalnya saya berpikir ide ini tidak akan berlangsung drngan baik. Namun, akhirnya luar biasa," ujar Bryant saat itu.

Nike meminta direktur artistik mereka, Esleban Montoya, untuk bekerja sama dengan Bryant. Sebelumnya, kedua pihak pernah berduet untuk membuat sepatu signature Bruant.

"Lakers selalu memiliki tampilan yang tradisional. Ini adalah kesempatan membuat sesuatu yang baru. Kami membuat seolah Lakers lebih besar dari hidup," ujar Montoya.

"Jersey ini tentang menghargai Kota Los Angeles. Menikmati malam, matahari tenggelam, pertandingan, dan akhir hari. Menurut saya, ini mewakili semua," imbuhnya.

Dengan elemen Kota Los Angeles, ditambah jersey yang digunakan Bryant pada musim debutnya di Lakers, dirilislah jersey Black Mamba. Seragam itu langsung menjadi sorotan pencinta NBA.

Tiga tahun berselang, Bryant meninggal dunia secara tragis akibat kecelakaan helikopter. Menjelang playoff, wacana penggunaan jersey Black Mamba untuk Lakers kembali muncul.

Terbukti, rupanya jersey Black Mamba membuat Lakers tampil trengginas. Dari empat pertandingan yang mereka jalani, LeBron James dan kawan-kawan selalu meraih kemenangan.

"Bryant mencetak banyak angka. Spesial untuk saya dan rekan-rekan satu tim melakukan sesuatu dengan jersey Black Mamba," ujar pemain Lakers, Anthony Davis.

Lakers bakal meladeni Miami Heat pada game 5 Final NBA 2020. Menurut berbagai laporan, mereka bakal menggunakan jersey Black Mamba. Mampukah Lakers memenangi cincin NBA ke-17?

Breaking News Los Angeles Lakers Kobe Bryant NBA
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan